Tampilan Desktop



Rekomendasi Camat Tak Kunjung Terbit, Warga di Empat Desa Butur Mengadu Ke DPRD
51 Dibaca

Rekomendasi Camat Tak Kunjung Terbit, Warga di Empat Desa Butur Mengadu Ke DPRD DIALOG – Ketua Komisi I La Ode Abdul Manan sedang menerima massa Forum Pemerhati Pembangunan Desa (FPPD) di Kantor DPRD Kabupaten Buton Utara, Senin (28/8/2017). (Irsan Rano/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, BURANGA – Belum terbitnya rekomendasi camat terkait pergantian aparat di Desa Ulunambo, Tomoahi, Jampaka, dan Linsowu menuai protes dari masyarakat yang pro terhadap penggantian tersebut. Untuk menyalurkan aspirasinya, kini mereka mendatangi kantor DPRD setempat.

Tak lama berorasi, massa aksi yang tergabung dalam Forum Pemerhati Pembangunan Desa (FPPD) itu diterima oleh Ketua Komisi I La Ode Abdul Manan. Saat berdialog, korlap aksi Rizal Tomoahi menyampaikan bahwa penggantian aparat yang dilakukan kepala desa definitif tersebut sudah sesuai dengan prosedur sebagaimana amanat yang tertuang dalam Permendagri Nomor 83 Tahun 2015 tentang pengangkatan dan pemberhentian aparat desa.

Namun ironisnya, lanjut Rizal, hingga kini Camat bersangkutan tak kunjung mengelurkan rekomendasi terkait penggantian aparat tersebut. Tak hanya itu, dalam pernyataan sikapnya, mereka juga menyoroti pihak Inspektorat yang beberapa waktu lalu hanya melakukan audit di empat desa tersebut, sehingga dinilai ada tebang pilih dalam penegakan regulasi.

Olehnya itu, Rizal mendesak dewan untuk segera melakukan pemanggilan kepada sejumlah instansi yang berkaitan dengan penggantian aparat desa tersebut. “Kami meminta kepada DPRD utuk memanggil Camat Kulisusu, Kulisusu Utara, Inspektorat, DPMD, dan Empat kepala desa terkait untuk melakukan hearing,” katanya, Senin (28/8/2017).

Menanggapi hal itu, La Ode Abdul Manan mengaku pihaknya akan menindaklanjuti aspirasi tersebut. “Kita akan panggil instansi yang berkaitan dengan pergantian aparat desa ini. Kita kasi ketemu dulu mereka,” tegas politisi PAN ini.

Usai berdialog, dengan tertib puluhan massa aksi itu meninggalkan gedung DPRD. Aparat keamanan terus mengawal jalannya aksi hingga selesai. (B)

 

Reporter: Irsan Rano
Editor Tahir Ose

RS ZonaSultra

View all contributions by RS ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com