iklan zonasultra

Rekrut Relawan Demokrasi, Ini Harapan KPU Kolut

Rekrut Relawan Demokrasi, Ini Harapan KPU KolutRekrut Relawan Demokrasi, Ini Harapan KPU Kolut
KPU KOLUT - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Sulawesi Tenggara (Sultra) akan merekrut relawan demokrasi (Relasi) guna meningkatkan partisipasi dan kesadaran masyarakat dalam pemilihan umum (Pemilu) 2019. (RUSMAN/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, LASUSUA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Sulawesi Tenggara (Sultra) akan merekrut relawan demokrasi (Relasi) guna meningkatkan partisipasi dan kesadaran masyarakat dalam pemilihan umum (Pemilu) 2019.

Perekrutan relawan demokrasi berdasarkan pengumuman nomor 10/PP.10-2PU/7408/KPU.kab/1/2019 tentang perekrutan yang dilatarbelakangi oleh partisipasi pemilih yang cenderung menurun.

Ketua KPU Kolut Susanti Hernawati mengatakan, tujuan rewalan demokrasi adalah membantu KPU selama tahapan pemilu. Mereka turun ke lapangan bertemu masyarakat dengan memberi informasi secara langsung terkait kepemiluan.

Perekrutan relasi ini dibuka secara umum, di mana sasaran relasi tersebut harus terlibat langsung dengan masyarakat yang berasal dari 11 basis pemilih strategis, yakni basis keluarga, basis pemilih pemula.

(Baca Juga : KPU Kolut Lantik 30 Anggota PPK Tambahan)

Selanjutnya basis pemilih perempuan, basis penyandang disitabilitas, basis pemilih keagamaan, basis pemilih berkebutuhan khusus, basis kaum marginal, basis komunitas, dan basis warga internet.

“Kami akan melakukan seleksi dan memilih empat atau lima orang relawan setiap basis yang betul-betul siap membantu KPU nantinya,” ujar Susanti ditemui Minggu (13/1/2019).

Dia juga menjelaskan relawan demokrasi akan menjadi mitra KPU dalam menjalankan agenda khusus terkait sosialisasi ke pemilih. Mereka juga akan mendapakan honor dengan masa kerja tiga bulan.

Susanti berharap peran relasi tersebut dapat mendongkrak kesadaran masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya. (b)

 


Kontributor : Rusman
Editor : Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib