Tampilan Desktop


Rektor UHO Tolak Dicalonkan Jadi Gubernur Sultra
53 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Rektor Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), Usman Rianse, menolak jika dirinya direkomendasi oleh siapapun untuk bertarung menjadi orang nomor satu di Sultra pada pemilihan gubernur (Pilgub) 2018 mendatang.

Usman Rianse

Usman Rianse

Menurut dia, ketika masa jabatannya sebagai rektor di kampus hijau itu telah berakhir, dunia akademik masih menjadi prioritas utama ketimbang terjun ke dunia politik. Ia lebih memilih untuk tetap mengabdi di UHO sebagai dosen.

“Kalau rektor selanjutnya tidak memberikan saya posisi di sini (UHO), jadi tukang sapu juga saya mau,” candanya saat ditemui di Gedung Rektorat UHO, Rabu (2/11/2015).

Keputusan untuk tidak terjun ke dunia politik, lanjut dia, bukan hanya keputusan pribadinya saja, melainkan sudah menjadi keputusan bersama dengan istri, anak-anak dan keluarga besarnya untuk tidak dan tidak akan pernah mencalonkan diri sebagai gubernur, walikota atapun bupati di Sultra.

Ia juga menampik jika launching dua media kampus Uhonews.com dan majalah UHONEWS, Selasa (1/12/2015) kemarin, merupakan salah satu strategi untuk memperkenalkan diri sebagai salah satu kandidat calon gubernur 2018 mendatang.

“Kedua media ini murni menjadi jendela bagi UHO untuk mempromosikan diri ke masyarakat luas. Karena saya tidak ingin mencalonkan diri maka saya berani melaunching media ini. Kalau saya ingin mencalonkan diri, saya pasti tidak akan berani untuk melakukan launching,” kata Usman.

Meski begitu, sebagai manusia ia tetap memiliki keinginan lain untuk mengabdikan dirinya kepada masyarakat luas. Jika diberikan kesempatan, ia bersedia untuk dicalonkan menjadi menteri atau pun wakil presiden.

Usman Rianse terpilih sebagai Rektor UHO pada 2008 lalu menggantikan Mahmud Hamundu. Usman kembali terpilih memimpin kampus terbesar di Sultra ini untuk kedua kalinya pada 2012. Jabatannya sebagai rektor periode kedua UHO, akan berakhir pada November 2016 mendatang.

 

Penulis: Jumriati

Redaksi ZonaSultra

View all contributions by Redaksi ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com