Tampilan Desktop


Rektor USN Kolaka Gunakan Uang Makan Santuni Kaum Dhuafa
39 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Sebanyak 220 orang kaum dhuafa menerima santunan dari Rektor Universitas Negeri Sembilanbelas November (UNS) Kolaka Sulawesi Tenggara, Azhari. Santunan itu berupa paket parcel Lebaran terdiri dari minyak goreng, gula pasir, terigu dan mentega dengan nilai Rp 200 ribu per paket. Uniknya, anggaran pembiayaan paket itu berasal dari uang makan harian Azhari yang sengaja dia kumpulkan selama ini. 

Menurut Azhari, pemberian santunan itu merupakan kegiatan tahunan kampus USN Kolaka menjelang perayaan hari raya Idul Fitri. “Tidak ada anggaran khusus yang disiapkan dalam pagu anggaran untuk membiayai kegiatan ini. Tapi, karena ini merupakan kewajiban kita sebagai sesama muslim, maka kita wajib melaksanakannya. Anggarannya diambil dari uang makan saya yang dikumpul selama ini,” kata Azhari di ruangan rektorat kampus USN Kolaka, Minggu (12/7/2015) sore.

Azhari mengakui, dibanding dengan tahun lalu, nilai pemberian santunan tahun ini memang agak sedikit karena kondisi keuangan kampus masih dalam masa transisi, akibat adanya perubahan rekening keuangan kampus sebagai dampak dipisahkannya direktorat jenderal pendidikan tinggi (Dirjen Dikti) dari naungan kemendikbud dan berada di bawah tanggung jawab kemenristek yang kemudian nomenklaturnya berubah menjadi kemenristek-dikti.

“Selain itu, karena kita juga baru berubah status dari swasta menjadi negeri, sehingga sistem pelaporan keuangannya juga berubah. Ini yang menghambat anggaran DIPA kita belum dicairkan,” jelasnya.

Rektor menambahkan, ratusan kaum dhuafa penerima santunan itu merupakan penduduk miskin yang berdomisili di sekitar kampus USN. “Kuotanya kita bagi masing-masing 50 orang setiap lelurahan di sekitar kampus. Mereka dari kelurahan Balandete, Tahoa, Sabilambo dan Lalombaa,” katanya.

Dia berharap, di tengah situasi menurunnya daya beli masyarakat seperti saat ini, pemerintah daerah sebaiknya mengedukasi semua pihak untuk aktif dalam kegiatan-kegiatan sosial yang dapat membantu masyarakat miskin untuk merayakan Lebaran dengan suka cita.

Kegiatan pemberian santunan kaum dhuafa ini juga dirangkaikan dengan acara buka puasa bersama segenap civitas akademi dan pegawai lingkup USN Kolaka yang digelar di auditorium kampus itu.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com