Tampilan Desktop

Relawan Rajiun Siap Kawal Pilkada Damai Mubar
127 Dibaca

ZONASULTRA.COM, LAWORO – Relawan pasangan calon bupati dan wakil bupati Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara (Sultra) LM Rajiun Tumada dan Achmad Lamani siap mengawal Pilkada damai di daerah itu.

Rahmat Apiti

Rahmat Apiti

Ketua Tim Rajiun Center Rahmat Apiti mengatakan, peran tim sukses dan relawan masing-masing paslon dalam meningkatkan pengawasan pada proses Pilkada di Mubar sangat penting dalam menciptakan pemilihan yang bersih, aman, dan damai.

“Bukan hanya peran Panwas, KPU dan pemerintah serta masyarakat untuk proaktif mengamankan jalannya Pilkada damai. Namun peran tim sukses dan relawan masing-masing paslon juga sangat menentukan dalam menciptakan Pilkada yang damai,” kata Rahmat ditemui Zonasultra.com, Minggu (13/11/2016).

Rahmat menambahkan, dalam bekerja menciptakan Pilkada damai relawan menerapkan pengawasan partisipatif. Hal ini tentu untuk menciptakan pesta demokrasi yang bersih dan baik sesuai dengan harapan dan cita-cita masyarakat Mubar.

Para relawan juga sudah dibekali dengan berbagai regulasi Pilkada. “Kami sudah  memberikan bimbingan teknik khusus pada teman-teman relawan sehingga dalam bertindak di lapangan tidak menyalahi regulasi Pilkada,” ujar Rahmat.

Dalam pembekalan khusus tersebut para relawan diberikan berbagai materi, seperti modus-modus kecurangan dan cara mengantisipasinya serta cara pengawasan Pilkada partisipatif.

“Dan tentu juga kami memberikan berbagai aturan (PKPU, Perbawaslu dan UU No 10/2016) sebagai bekal pengetahuan relawan Rahmat bekerja dengan cara demokratis,” ujarnya. (B)

 

Reporter: Laode Pialo
Editor: Jumriati

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com