Reses Anggota DPRD Konsel di Dapil I, Masyarakat Minta Gamelan Bali Dilestarikan

Reses Anggota DPRD Konsel di Dapil I, Masyarakat Minta Gamelan Bali Dilestarikan
RESES - Anggota DPRD Konsel saat menggelar reses di dapil satu beberapa waktu lalu. Dalam kegiatan itu masyarakat mengusulkan beberapa kebutuhan alat kesenian tradisional Bali serta infrastruktur hingga sarana dan prasaran pertanian, Kamis (7/2/2019). (ZONASULTRA.COM/ERIK ARI PRABOWO)

ZONASULTRA.COM, ANDOOLO – Sejumlah anggota DPRD Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra) saat ini tengah melaksanakan reses di daerah pemilihan (Dapil) satu yang meliputi Kecamatan Andoolo, Buke, Andoolo Barat, Tinanggea, dan Lalembuu.

Di sini anggota legislatif diminta membantu masyarakat melestarikan musik gamelan Bali. Permintaan ini diungkapkan warga saat beberapa anggota DPRD Konsel mengunjungi daerah Lalembuu.

Ketua Komisi III DPRD Konsel Senawan Silondae, yang turun reses bersama beberapa anggota lainnya di daerah itu mengatakan, warga sekitar yang sebagian besar penduduknya pemeluk agama Hindu meminta musik gamelan Bali perlu dilestarikan guna membantu generasi mereka mengenal musik tradisional tersebut.

“Selain tentang kesenian itu, beberapa persoalan yang biasa itu masih menjadi usulan masyarakat di beberapa kecamatan di dapil satu ini, seperti masalah sarana dan prasarana pertanian, infrastruktur, juga pendidikan,” kata Senawan di Andoolo, Senin (11/2/2019).

Senawan menyebutkan beberapa permintaan warga seperti pembangunan lapangan olahraga yang tidak tersentuh oleh dana desa, pembangunan lanjutan gedung taman pengajian, masjid, bantuan pengurusan sertifikat lahan, bibit, pupuk tanaman, dan bangunan perpustakaan juga pagar sekolah.

“Setiap aspirasi masyarakat ini akan menjadi pokok-pokok pikiran kami untuk dibahas lebih lanjut dengan pemerintah daerah nantinya,” terangnya.

Reses di dapil satu, Senawan bersama anggota dewan lainnya, diantaranya Try Haryono, Bahasmi, Djoko Suprihatin, Binmas Mangidi, Nurmantasia, Ismiati Iskandar, Wawan Suhendra, dan Farida Setyawati Silondae.

Sebanyak 35 orang keseluruhan yang terdiri dari unsur pimpinan dan anggota DPRD Konsel.saat ini tengah melaksanakan reses untuk masa sidang satu di seluruh dapil yang ada di daerah itu. Reses tersebut digelar sejak 6 Januari hingga 13 Januari.

Konsel sendiri terbagi menjadi 4 wilayah dapil. Dapil satu terdiri dari Kecamatan Andoolo, Buke, Andoolo Barat, Tinanggea, dan Lalembuu. Dapil dua terdiri dari Kecamatan Basala, Benua, Angata, Sabulakoa, Mowila, Landono, Ranomeeto, Ranomeeto Barat.

Dapil tiga terdiri dari Kecamatan Baito, Palangga, Palangga Selatan, Lainea, Laeya, Wolasi, dan Konda. Serta dapil empat terdiri dari Kecamatan Kolono, Kolono Timur, Moramo, Moramo Utara, dan Laonti. (b)

 


Kontributor: Erik Ari Prabowo
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib