Tampilan Desktop


Roadshow Festival Film Anti Korupsi KPK Sambangi UHO
53 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar festival film anti korupsi atau Anti Corruption Film Festival (ACFFest) 2015 di Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), Rabu (19/8/2015).

Dengan mengusung tema “Make Your Move Make Your Mov!e” KPK berusaha mendorong masyarakat melakukan gerakan sosial anti korupsi untuk masa depan Indonesia yang lebih baik, melalui medium film sebagai penyampai pesan

Pimpinan KPK Adnan Pandu Praja mengatakan, pemberantasan korupsi akan berhasil jika masyarakat terlibat dan berperan serta secara aktif dalam gerakan anti korupsi yang mendorong kesadaran untuk menciptakan perubahan sosial.

“ACFFest merupakan salah satu bentuk kampanye anti korupsi yang dikemas dalam budaya pop agar lebih mudah diterima oleh masyarakat umum,” kata Adnan di Auditorium Mokodompit UHO, Rabu (19/8/2015).

Adnan juga menambahkan bahwa penyebaran virus korupsi semakin massive dan terstruktur, tidak bisa lagi dilawan dengan cara biasa. Pencegahan dan pemberantasan korupsi perlu dilakukan dengan cara yang luar biasa.

“Oleh karena itu, gerakan anti korupsi dari anak-anak muda melalui ACFFest ini akan sangat berarti untuk mendukung upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi yang dilakukan oleh KPK,” ujarnya.

mahasiswa uhoSementara itu, Rektor UHO Usman Rianse mengatakan, ditunjuknya UHO sebagai salah satu tujuan roadshow film oleh KPK merupakan suatu bentuk penghargaan tersendiri bagi kampus yang dipimpinnya itu. Apalagi UHO menjadi satu-satunya universitas yang disambangi KPK di kawasan Indonesia timur.

“Ini merupakan suatu bentuk penghargaan dan kepercayaan kepada UHO dan ini harus dimanfaatkan dengan baik. Karena itu kami ikhlas menggeser Dies Natalis yang harusnya dilaksanakan hari ini kita majukan pada tanggal 17 Agustus lalu,” kata Usman.

Menurutnya, ada beberapa poin penting dari roadshow ini. Pertama, mengingatkan kembali kampus untuk berusaha keras melahirkan alumni-alumni yang anti korupsi ketika mereka telah bekerja di tengah-tengah masyarakat. Kedua, mengingatkan para pemangku jabatan untuk berhati-hati mengelola anggaran.

“Berhati-hati di sini bukan berarti kita harus takut hingga serapan anggaran juga rendah. Kita kelola anggaran dengan baik dengan tetap berpedoman bahwa ada yang mengawasi kita yaitu KPK dan tentunya ada yang lebih tinggi dari itu, yaitu Allah,” ungkap Usman.

Roadshow ini diikuti oleh civitas akademika UHO, mahasiswa dan para pelajar se Kota Kendari. Dalam roadshow ini juga diputar film pemenang ACFFest 2013 dan 2014.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com