Tampilan Desktop

RPH Kendari Jamin Stok Daging Sapi Aman Hingga Lebaran
64 Dibaca

RPH Kendari Jamin Stok Daging Sapi Aman Hingga Lebaran

RPH KOTA KENDARI– Kandang sapi Rumah Pemotongan Hewan Kota Kendari. Selain sapi terdapat pula seekor kerbau yang mecapai harga Rp 10 jutaan. (ILHAM SURAHMIN/ZONSULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) menjamin stok daging sapi selama Ramadhan hingga Lebaran nanti aman.

Kepala UPTD RPH Kota Kendari, Samin mengungkapkan sepanjang bulan Juni 2016 jumlah sapi yang telah dipotong mencapai 135 ekor dengan rata-rata 17 ekor per hari.

“Untuk hari ini ada 30 ekor stok sapi yang tersedia, akan tetapi kami tetap memiliki pasokan sapi yang akan didatangkan dari Konawe Selatan,” ungkap Samin saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (8/6/2016).

Samin melanjutkan, memasuki 3 Ramadhan, aktivitas pemotongan sapi menurun dibandingkan hari biasanya. Hal ini disebabkan permintaan pasar terhadap daging sapi turun seiring dengan dikeluarkannya peraturan pemerintah yang menutup rumah makan selama 5 hari sejak awal Ramadhan lalu.

Pihaknya juga menjamin stok daging tetap aman serta tidak akan mempengaruhi kenaikan harga di pasaran karena jumlah stok sapi yang disiapkan mencapi 100 ekor.

Sepanjang bulan Mei 2016 lalu,  jumlah sapi yang dipotong sangat fantastik, mencapai angka 632 ekor dan merupakan angka tertinggi sejak 5 tahun terakhir. Data ini menunjukkan permintaan daging di pasaran tahun ini sangat tinggi.

Samin memprediksikan pada bulan Ramadhan ini angka pemotongan sapi dapat meningkat daripada bulan sebelumnya meski beberapa hari belakangan menurun.

Untuk harga daging sapi sendiri dengan ukuran bobot daging setelah dipotong 60-65 kg dapat mencapai Rp 7 juta bahkan Rp 10 juta. (B)

 

Penulis: Ilham Surahmin
Editor: Jumriati

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com