Tampilan Desktop


RSU Muna Belum Kelar, Komisi III DPRD Muna Sidak Lapangan
197 Dibaca

RSU Muna Belum Kelar, Komisi III DPRD Muna Sidak Lapangan

TINJAU RUMAH SAKIT : Komisi III DPRD Muna meninjau langsung progres pembangunan Rumah Sakit Modern Muna, Senin (8/3/2016). Dewan melakukan peninjauan untuk melihat secara langsung pembangunan RS tersebut yang belum kelar. MARLY PILOK/ZONASULTRA.COM

 

ZONASULTRA.COM, RAHA – Komisi III DPRD Muna, turun lapangan meninjau langsung pembangunan rumah sakit umum modern Muna yang kini tengah digenjot penyelesaian.

Di lokasi mega proyek pembangunan rumah sakit plat merah yang dibiayai dari dana pinjaman dari Pusat Investasi Pemerintah (PIP) senilai Rp.91 miliar lebih ini, terungkap bahwa pembangunan RSU terdapat kesalahan pada perencanaan awal pembangunan, khususnya kontrak 87 ruangan VIP lantai 1 bagian belakang.

“Ada kesalahan dari perencaan awal pak, gambar tidak sesuai RAB dan tidak sesuai perencanaan. Seperti dilantai I VIP ini, dalam RAB tidak pakai plat, tapi kita kerjakan pakai plat jadi butuh dana bermiliar milir untuk memasang plat, “ujar Andi, perwakilan PT. Waskita Karya selaku pihak kontraktor, di depan Wakil Ketua DPRD Muna, LM Arwin Kadaka dan wakil ketua komisi III La Ode Awal Jaya Bolombo, Irwan dan H Jaidin Kamil.

Menanggapi hal itu, Awal Jaya Bolombo, malah menimpali perkataan perwakilan kontraktor plat merah itu.

“Karena salah perencanaan dari awal, pantas bangunan belum kelar hingga habis kontrak, fisik tidak kelar dan uang habis tapi persentase progres tinggi. Sudah tahu ada yang salah, kenapa anda mau kerja?,” sanggah pria yang akrab disapa Aceng itu.

Para legislator Muna juga mempertanyakan kendala pembangunan RSU yang dibangun era Bupati LM. Baharuddin itu. Sismudi dari pihak kontraktor mengatakan, pihaknya terkendala pada keterlambatan material yang didatangkan dari luar daerah di samping persoalan lahan.

“Makanya kita kerja muter muter dulu agar terbentuk,” ujarnya.

Di tengah kasipnya masa perpanjangan kontrak selama 90 hari yang akan selesai pada akhir Maret ini, pihak kontraktor optimis pekerjaan akan rampung sesuai kontrak.

“Kita yakin khusus kontrak 87 pembangunan RS Modern ini akan rampung 23 hari lagi. Kalau ruangan VIP lantai 2 dan 3, kita akan kordinasi dulu dengan pihak Rumah Sakit Raha, karena harus ada kontrak baru, “tutur Andi.

Optimisme yang sama disampaikan pula PPTK pembangunan RS Modern Muna, Sadaruddin. Ia mengatakan, pihaknya optimis pembangunan RS Modern khusus kontrak 87 ruangan akan rampung Maret 2016.

“Kalau bagian depan bulan Maret ini rampung, kalau ruangan VIP bagian belakang lantai 2 dan 3, sesuai dengan batas pinjaman kita di PIP, akan rampung bulan Juni nanti, Kita masih punya sisa dana di PIP sekitar Rp 9,1 miliar,” ujarnya.

 

Penulis : Marly Pilok

Editor  : Kiki

Redaksi ZonaSultra

View all contributions by Redaksi ZonaSultra

Website: http://zonasultra.com

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com