iklan zonasultra

RSUD Mubar Rawat Balita yang Kena Demam Berdarah

RSUD Mubar Rawat Balita yang Kena Demam Berdarah
DBD - Plt Kadis Kesehatan sekaligus Direktur RSUD Mubar saat mengecek langsung pasien DBD atas nama Muhammad Rayyan Al-Fatih (1,8) warga Desa Suka Damai, Kecamatan Tiworo Tengah, di RSUD Mubar, Senin (4/3/2019) sore tadi. (Kasman/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, LAWORO – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Muna Barat (Mubar), kembali merawat pasien penyakit Demam Berdarah Dangue (DBD). Pasien tersebut adalah seorang balita bernama Muhammad Rayyan Al-Fatih, berusia 1 tahun 8 bulan, warga Desa Suka Damai, Kecamatan Tiworo Tengah.

Direktur RSUD Mubar, Hidayat mengatakan pasien balita tersebut masuk RSUD Mubar sekita pukul 14.00 Wita, Senin (4/3/2019). Pihak RSUD langsung melakukan pemeriksaan di ruang UGD kepada pasien tersebut.


“Kita sudah cek tanda vital balita dengan memeriksa suhu, dan pernapasannya. Kemudian, kita memgambil darahnya untuk diperiksa di laboratorium dan hasilnya anak tersebut derita DBD,” kata Hidayat saat ditemui di RSUD Mubar, Senin (4/3/2019) sore tadi.

Menurut Hidayat yang juga menjabat sebagai Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Mubar ini, bahwa terkait ada pasien positif menderita penyakit DBD, pihaknya langsung bergerak cepat dengan menindaklanjuti dengan melakukan fogging (pengasapan) di wilayah yang ditemukan DBD ini.

“Insyaallah besok kita langsung melakukan fogging di rumah tempat tinggal pasien tersebut di Desa Suka Damai, Kecamatan Tiworo Tengah. Bukan hanya rumah penderita tersebut kita lakukan fogging tetapi juga kita lakukan fogging di sekitar rumah tersebut,” tuturnya.

Sebelumnya, sepanjang bulan Januari dan Februari 2019, tercatat delapan pasien penyakit Demam Berdarah Dangue (DBD) mendapat perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Muna Barat (Mubar).

Penyakit akibat gigitan nyamuk Aedes Aegypti itu tersebar di dua kecamatan yakni Kecamatan Tiworo Tengah dan kecamatan Tiworo Kepulauan (Tikep). Untuk, kecamatan Tiworo Tengah ada lima orang tepatnya di Desa Mekar Jaya, sedangkan kecamatan Tikep ada tiga orang penderita yang terdapat di Kelurahan Waumere dan Desa Sido Makmur. (B)

 


Kontributor : Kasman
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib