Rubah Alokasi Anggaran, DPRD Butur Bakal Hearing TPAD

0

Wakil ketua DPRD Butur, Abdul Salam Sahadia saat dikonfirmasi via selulernya, Sabtu (31/1/2015) membenarkan hal itu. “Secara kelembagaan kami akan memanggil seluruh anggota TPAD untuk memintah penje

Wakil ketua DPRD Butur, Abdul Salam Sahadia saat dikonfirmasi via selulernya, Sabtu (31/1/2015) membenarkan hal itu. “Secara kelembagaan kami akan memanggil seluruh anggota TPAD untuk memintah penjelasan terkait adanya perubahan anggaran yang telah ditetapkan,” katanya.

Menurutnya, kalau memang TPAD melakukan tindakan tersebut, maka hal itu tidak dibenarkan. Sebab, telah melanggar aturan yang ada. “Itu anggaran sudah ditetapkan oleh DPRD bersama TPAD, bahkan telah melalui evaluasi. Jadi tidak bisa dilakukan perubahan atau pergeseran anggaran,” ujar Politisi muda Demokrat ini.

Terkait masalah ini, DPRD menganggendakan hearing yang rencananya dilaksanakan Rabu (4/2/2015) depan. “Kita akan panggil seluruh tim anggaran hari Rabu depan,” tuturnya.

Kabar adanya perubahan anggaran tersebut juga diakui anggota DPRD Butur lainnya Asri Asis. Saat ditemui awak zonasultra.com di kantornya, Sabtu (31/1/2015), ia mengaku sudah mendengar kabar tersebut termasuk seluruh anggota lainnya.

“Saya dan teman-teman anggota lainnya sudah mendengar adanya tindakan TPAD Butur yang berani merubah alokasi anggaran yang telah ditetapkan. Untuk memastikan itu, maka akan memintah penjelasan dari tim anggaran,” terangnya.

Dijelaskannya, sesuai peraturan perundang-undangan sistem dan mekanisme peraturan APBD serta Permendagri tentang pedoman penyusunan APBD 2015, dikatakan di dalamnya kalau anggaran sudah ditetapkan maka tidak ada kewenangan untuk melakukan perubahan alokasi anggaran itu.

“Semuanya jelas, setelah evaluasi dan ditetapkan, maka tidak boleh lagi dirubah,” tegasnya.

Dia pun mempertanyakan landasan hukum dari TPAD yang telah berani merubah alokasi anggaran. “Saya juga heran, apa sebetulnya alasan dan dasarnya mereka (TPAD) kalau memang berani merubah alokasi anggaran itu,” tanya politisi PKS ini. (Dar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here