Tampilan Desktop


Rumah Dua Komisioner KPU Muna Diduga Dibakar Orang Tak Dikenal
274 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Rumah dua komisioner KPUD Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra) yakni Ketua KPU, Laode Muhammad Amin Rambega dan Andi Arwin Senin 1 Agustus dini hari tepatnya sekitar pukul 02.30 Wita diduga dibakar orang tak dikenal.

Hidayatullah, kpu sultra

Hidayatullah

Rumah Andi Arwin yang berada di Kelurahan Raha 1 rata dengan tanah dilahap si jago merah. Sementara rumah Amin Rambega yang berada di Kelurahan Mangga Kuning hanya terbakar dibagian dapur.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tenggara (Sultra) Hidayatullah Senin (1/8/2016) siang, yang ditemui di Mapolda Sultra kepada awak media menduga pembakaran rumah dua anggotanya di Muna itu merupakan rentetan kisruh pilkada serta upaya menjegal rapat pleno KPU yang akan menetapkan penetapan bupati dan wakil bupati Muna periode 2016-2021 sesuai putusan MK pada 27 Juli 2016 lalu.

“Saya memastikan insiden dibakarnya komisioner rumah komisioner KPU ini jelas ada kaitan dengan pilkada Muna yang rapat plenonya dilaksanakan hari ini,” kata Hidayatullah yang ditemui di Polda Sultra usai bertemu Kaolda Sultra untuk melaporkan insiden pembakaran.

Hidayatullah mengungkapkan dalam pertemuanya dengan Kapolda, Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen Pol) Agung Sabar Santoso, sekaligus meminta agar kepolisian segera mengusut insiden pembakaran rumah komisioner KPU Muna. Selain itu, pihaknya juga meminta Kapolda memastikan kelancaran sidang pleno yang dilaksanakan di Muna hari ini.

“ Kalau toh juga ini upaya untuk membuat pleno tersebut tertunda, hasilnya pun bisa ajukan pihak sekretariat ke DPRD, ini kan keputusan MK yang harus dilaksanakan,” tegas Hidayatullah.

Komisioner KPUD Muna, Suleman Loga yang dihubungi melalui telepon selulernya juga membenarkan, insiden kebakaran yang terjadi pada Senin dini hari itu. Menurut informasi yang didapat Suleman pembakaran rumah dua komisioner KPU Muna itu berlangsung bersamaan. Dia pun menduga bahwa kejadian tersebut berhubungan dengan Pilkada Muna.

“ Saya juga menduga begitu, tapi ini keputusan yang sudah final dan harus dilaksanakan,” ujar Suleman.

Meski baru saja mengalami musibah, menurut Suleman ketua KPU serta Andi Arwin tetap datang berkantor melaksanakan tugas sebagai komisioner KPU. Sore ini juga KPU Muna menggelar rapat pleno penetapan bupati dan wakil bupati Muna terpilih Rusman Emba-Malik Ditu sesuai dengan penetapan Mahkama Konstitusi. (A)

 

Reporter : Lukman Budianto
Editor      : Tahir Ose

Tagged with: ,
DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com