Tampilan Desktop


Rumah Sakit Bersalin di Konawe Tidak Miliki Pembuangan Limbah
75 Dibaca

ZONASULTRA.COM, UNAAHA – Rumah sakit Setia Bunda, salah satu rumah sakit khusus bersalin yang terletak di Kelurahan Ambekairi, Kecamatan Unaaha, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) diduga tidak memiliki sistem pembuangan limbah.

Hal ini disampaikan seorang pegiat lingkungan, Andriadi kepada Zonasultra.com, Sabtu (16/5/2015).
Menurutnya, rumah sakit idealnya harus memiliki pembuangan khusus limbah yang dihasilkan pasien seperti darah bekas melahirkan. Namun, rumah sakit ini hanya menumpuk limbah-limbah bekas pasien tersebut di belakang bangunan rumah sakit.

“Setelah saya turun melakukan pengecekan, saya mendapati sampah-sampah seperti botol infus, suntik, perban bekas pakai yang masih ada darahnya, dan sampah-sampah lainnya itu berserahkan tepat di belakang rumah sakit. Saya bahkan curiga sampah tersebut hanya dibakar karena masih ada bekas pembakaran,” terang Anci sapaan akrab Andriadi.

Anci berharap agar pemerintah setempat dapat mengambil sikap tegas. Selain mencemari lingkungan, rumah sakit tersebut juga diduga tidak memiliki salah satu izin pendirian rumah sakit. Meski begitu dirinya belum berani menjelaskan secara detail tentang izin apa yang tidak dimiliki rumah sakit khusus ibu melahirkan itu.

“Saya memang pernah mendapat informasi kalau rumah sakit itu tidak memiliki salah satu izin, tetapi saya tidak tahu pasti izin apa yang belum ada, saya curiga jangan-jangan analisis dampak lingkungannya juga tidak ada,” imbuhnya.

Ketika hendak dikonfirmasi mengenai kebenaran hal ini, pemilik rumah sakit Setia Bunda menolak untuk dimintai keterangan. Salah satu staf rumah sakit tersebut mengatakan jika sang pemilik sedang beristirahat dan tidak ingin di wawancara.

“Dia lagi istrahat Mas, dia tidak mau bertemu dengan wartawan,” kata salah satu bidan yang tengah bertugas. (Restu)

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com