Tampilan Desktop



Rusman Emba dan Ridwan Bae Bakal Bersaing Dapatkan Demokrat
509 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Bakal calon (balon) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Rusman Emba dan Ridwan Bae bakal bersaing untuk mendapatkan dukungan Demokrat di Pemilihan Gubernur Sultra 2018.

balon kada demokrat

Ilustrasi

Ketua Panitia Penjaringan Calon Gubernur Demokrat Sultra Budhi Prasodjo mengatakan, tim pemenangan Rusman dan Ridwan sudah mengkonfirmasi akan mengambil berkas pendaftaran. Tahapan pendaftaran dimulai Jumat (19/5/2017) hari ini sampai 31 Mei 2017 mendatang.

Selain itu, tim lainnya yang juga sudah mengkonfirmasi akan mendaftar yakni Ali Mazi, Asrun, La Ode Ida, Hugua, Abdul Rahman Farisi (ARF), Lukman Abunawas, Rusda Mahmud, Supomo, dan tim La Ode Masihu Kamaluddin.

“Hari ini yang sudah ada pemberitahuannya akan mengambil formulir adalah Rusman Emba dan Rusda Mahmud. Sepertinya timnya yang akan datang karena ini baru sebatas pengambilan formulir,” kata Budhi di Kendari, Jumat (19/5/2017).

Namun demikian, untuk pengembalian formulir nantinya figur  balon gubernur diwajibkan hadir secara langsung. Penjaringan dilakukan secara terbuka karenanya masyarakat luas, kader partai lain, maupun kader dari Demokrat disilahkan mendaftar di Sekretariat Demokrat Sultra.

(Baca Juga : Pulang Kampung, Balon Pilgub Supomo Gelar Silahturahmi)

Sebagai informasi, Demokrat memiliki 6 kursi di DPRD Sultra. Untuk dapat mengajukan calon gubernur masih butuh 3 kursi koalisi. Berdasarkan undang-undang, syarat minimal kursi pencalonan gubernur Sultra adalah 9 kursi atau 20 persen dari 45 kursi yang ada di DPRD Sultra.

Ridwan Bae yang merupakan Ketua Golkar Sultra, partai yang memiliki 7 kursi di DPRD Sultra sehingga lebih dari cukup jika bisa mendapatkan Demokrat.

Sedangkan Rusman merupakan kader PDIP, partai yang memiliki 5 kursi. Jika Rusman berhasil mendapatkan dukungan PDIP dan Demokrat maka juga cukup satu pintu pencalonan. (B)

 

Reporter: Muhamad Taslim Dalma
Editor: Jumriati

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free