Tampilan Desktop


Rusman-Malik Lolos, KPU Sultra Panggil KPU Muna
17 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Rusman Emba dan Malik Ditu telah resmi ditetapkan sebagai calon bupati/wakil bupati oleh KPU Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra). Namun, hal itu masih menyimpan sejumlah masalah yang harus dijawab oleh KPU Muna. Pasalnya, mengapa Rusman-Malik bisa diloloskan, padahal satu berkasnya yakni surat keterangan utang dari pengadilan terlambat disetor.

Ketua KPU Sultra Hidayatullah, mengatakan akan memanggil semua komisioner  KPU Muna untuk melakukan klarifikasi terkait hal itu. Intinya adalah apakah putusan KPU Muna sudah sesuai ketentuan PKPU no. 9 dan PKPU Perubahan no.12 tahun 2015.

“Kalau tidak sesuai pasti akan ada sanksi internal. Kita juga pasti akan memakai prosedur penanganan pelanggaran administrasi penyelenggara kami di tingkat bawah, Yang penting hari ini kondusif dululah,” kata Dayat sapaan akrab Hidayatullah di Kendari, Selasa (25/8/2015).

Pada dasarnya KPU mengambil keputusan tidak berdasarkan situasi atau desakan publik dan lain sebagainya. Dayat menegaskan, KPU harus berdasar pada standar bekerja administrasi sesuai ketentuan perundang-undangan dan bukan atas rekayasa situasi tertentu atau karena kondisi keamanan yang membahayakan.

Sementara itu, terkait adanya rekomendasi Panwas terhadap masalah keterlambatan berkas pasangan dengan akronim Rumah Kita, maka harus dikaji untuk ditindaklanjuti atau tidak. Lanjut Dayat, kalau KPU Muna tidak sanggup menyelenggarakan Pilkada maka KPU KPU Provinsi Sultra akan mengambil alih tahapan.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com