Tampilan Desktop



Ryaas Rasid Sebut Pilkada Tanggung Jawab Besar Partai Politik
45 Dibaca

ZONASULTRA.COM, JAKARTA – Pakar ilmu pemerintahan Ryaas Rasid menyebutkan Pilkada menjadi tanggung jawab besar partai politik. Pasalnya, lewat partai politik lah masnyarakat mendapat pilihan yang berkualitas atau tidaknya seorang pemimpin.

 Pakar ilmu pemerintahan Ryaas Rasid

Ryaas Rasid

“Saya dari dulu tidak setuju dengan Pilkada langsung, tapi kerena sudah terlanjur jadi maka kita kembalikan tanggung jawabnya kepada partai-partai politik,” ujar Ryaas usai mengisi diskusi pendidikan politik di Hotel Royal Kuningan Jakarta Selatan, Senin (16/10/2017).

Mantan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara ini menyebutkan bahwa partai harus melakukan pembenahan dan bertanggung jawab sepenuhnya atas terpilihnya orang-orang berkualitas maupun tidak berkualitas yang terpilih sebagai kepala daerah.

“Mau tidak partai politik itu memperbaiki dirinya dengan mencalonkan orang yang bisa berbuat banyak untuk rakyat karena punya kompetensi bukan sekadar yang bisa bayar partai,” tegas Ryaas.

Selanjutnya, partai politik juga berkewajiban memantau kinerja pemimpin yang diusung dan terpilih dalam Pilkada. Seyogyanya partai tidak lepas tangan terhadap satu periode kepemimpinan calon yang diusungnya.

“Pejabat yang jadi koruptor partainya hilang, siapa yang tanggung jawab. Kan mereka yang calonkan dulu,” tutup mantan anggota dewan pertimbangan presiden ini. (B)

 

Reporter: Rizki Arifiani
Editor: Tahir Ose

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com