Tampilan Desktop



Satker P2JN Sultra Segera Tangani Jalan Amblas Koltim-Kolaka
177 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI– Satuan Kerja Perencanaan dan Pengawasan Jalan Nasional (P2JN) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) segera memperrbaiki jalan amblas yang terjadi di ruas jalan yang menghubungkan kabupaten Kolaka Timur (Koltim)- Kolaka pada Kamis (28/7/2017).

Kepala Satker P2JN Sultra, Rony

Rony

Kepala Satker P2JN Sultra, Rony mengatakan, pada dasarnya amblasnya jalan tersebut disebabkan oleh curah hujan yang cukup tinggi sehingga menyebabkan struktur tanah amblas, apalagi informasi dari PPK setempat aliran air dibawah jalan cukup deras.

“Sebenarnya dulunya di bawah itu ada saluran air atau irigasi, ya tapi sudah lama, sehingga mudah sekali amblas, kebetulan tim kami juga sudah langsung turun tangan kemarin dan melakukan siaga agar tidak terjadi kelumpuhan kendaraan,” ungkap Rony saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (28/7/2017).

Untuk penanganan awal, pihaknya tengah memasang jembatan dari batang pohon kepala dan hari ini alat untuk pemasangan jembatan bailey sudah sementara dimobilisasi ke lokasi. Langkah awal, P2JN segera melakukan perencanaan pembangunan box culver (saluran air).

Pekerjaan jalan itu dianggarkan sekitar Rp. 500 juta dengan waktu pekerjaan sekitar satu bulan. Namun semua tergantung kondisi cuaca. Saat pembangunan saluran air tersebut kendaraan dapat melalui jembatan bailey sebagai jalur alternatif sehingga tidak mengganggu proses pengerjaanya.

“Jadi jembatan dipasang diatas, kita dapat kerja dibawah. Untuk ukuran box culver 2 x 2,5 meter,” pungkasnya.

Selain di jalur itu, Rony menambahkan sejumlah ruas jalan nasional di Sultra merupakan daerah rawan terjadi longsor atau amblas misalnya wilayah Lapuko- Kolono, Konawe Selatan (Konsel) dan sebagian wilayah Buton sehingga masyarakat diminta tetap berhati-hati sebab faktor cuaca atau bencana alam merupakan hal yang tak terduga.

“Semua titik rawan pada dasarnya kita sudah identifkasi dan kami sudah lakukan tanggap darurat dengan PPK masing-masing,” ujar Rony.

Salah satu pengguna jalan yang merupakan warga Kolaka, Kecamatan Pomalaa, Saban mengatakan bahwa kondisi jalan cukup parah dan untuk melintasi jalan yang amblas itu dihubungkan dengan batang pohon kelapa.

Untuk diketahui, amblasnya jalan di km 24 Kolaka Timur-Kolaka lingkungan Laikamborasa, Kelurahan Horodopi, Kecamatan Mowewe terjadi kemarin, Kamis (27/8/2017). (A)

 

Reporter : Ilham Surahmin
Editor : Kiki

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free