Satlantas Kendari Dukung Program Bus Sekolah Trans Lulo

Aiptu Wawan Gunawan
Aiptu Wawan Gunawan

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) sangat mendukung inovasi terbaru Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Kendari untuk menyediakan bus sekolah dan trans lulo sebagai angkutan altrernatif bagi siswa dan masyarakat setempat.

Aiptu Wawan Gunawan
Aiptu Wawan Gunawan

Pelaksana Harian Kepala Unit (Kanit) Pendidikan dan Rekayasa Satlantas Polres Kendari Aiptu Wawan Gunawan mengatakan, adanya mobil bus itu dapat mengurai kemacetan serta mengurangi angka kecelakaan bagi pengendara motor.

Dikatakan, saat ini masih banyak siswa di bawah umur yang menggunakan kendaraan bermotor untuk pergi ke sekolah. Para siswa tersebut rata-rata tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) karena belum cukup umur.

“Yang berhak berkendara itu adalah yang sudah memiliki SIM,” kata Wawan ditemui di acara sosialisasi bus sekolah di Same Hotel Kendari, Kamis (8/12/2016).

Diakuinya, pihaknya telah melakukan berbagai upaya untuk mengurangi pengendara usia dini, antara lain memberikan teguran, tindakan kepada pelanggar, menyurat ke pihak sekolah, memberikan himbauan, serta memberikan penyuluhan kepada para siswa.

Meski begitu, masih juga ditemukan beberapa siswa di bawah umur yang berkendara. Dengan adanya terobosan dari Dishub Kominfo ini, dirinya berharap agar pelajar maupun masyarakat yang tidak memiliki izin mengemudi, dapat memanfaatkan fasilitas tersebut sebagai kendaraan alternatif.

“Untuk itu kami harapkan agar memprioritaskan rute mobil bus sekolah trans lulo, melalui sekolah-sekolah yang ada di wilayah hukum Polres Kendari,” ungkapnya.

Salah seorang siswa SMKN 3 Kendari, Vadila juga mendukung adanya program itu. Menurut dia, bus trans lulo dapat mengurangi angka pengendara motor bagi siswa di bawah umur. “Siswa bisa mi naik mobil trans lulo kalau ke sekolah, tidak lagi ugal-ugalan,” tuturnya sembari tersenyum. (B)

 

Reporter: Irsan Rano
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here