Tampilan Desktop



Satpol PP Sultra Kelola Lapangan MTQ
188 Dibaca

tugu MTQ

Tugu MTQ

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Pasca diambil alih kembali oleh Pemprov Sultra, pengelolaan lapangan MTQ diserahkan kepada Satuan Polisi (Satpol) Pamong Praja (PP) Sultra.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Sultra Isma bahwa keputusan ini diambil oleh Sekda saat melaksanakan rapat umum, serta hal ini juga menjadi salah satu kewenangan Sekda sebagai pengelola aset daerah.

“Mulai awal tahun Januari, Satpol PP sudah melakukan pembersihan area MTQ dan pengamanan kawasan tugu,” ungkap Isma saat ditemui usai Pelantikan Pejabat Eselon III dan IV, Kamis (12/1/2017) di Aula Bahteramas, Kantor Gubernur Sultra.

Lebih lanjut ia menjelaskan secara teknis bagaimana pengelolaan aset tersebut merupakan hak Satpol PP Sultra.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada pihak dari Satpol PP yang bisa dimintai keterangan terkiat teknis.

Sebelumnya telah diberitakan, pemerintah Sultra mempertanyakan pendapatan asli daerah (PAD) yang dihasilkan Pemerintah Kota Kendari atas pengelolaan aset MTQ square.

Lukman Abunawas mengatakan PAD yang didapatkan Pemkot Kendari dari mengelola MTQ square tidak masuk akal, sebab pertahun hanya sekitar Rp. 20 juta. Jika dibandingkan saat pemprov masih mengelola aset tersebut PAD yang dihasilkan bisa mencapai Rp. 200 juta.

Melihat kondisi ini, Gubernur Sultra Nur Alam memerintahkan untuk mengambil alih kembali pengelolaan aset tersebut untuk dikelola Pemprov Sultra. Untuk melakukan perbaikan kembali dan menjadikan lokasi ini sebagai pusat wisata religi pihaknya menganggarkan Rp. 10 miliar secara bertahap sejak tahun 2016 hingga 2017 mendatang. (B)

 

Penulis : Ilham Surahmin
Editor : Tahir Ose

DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com