Tampilan Desktop



Satu Rumah Warga Sampara Tertimbun Longsor
144 Dibaca

Satu Rumah Warga Sampara Tertimbun LongsorLONGSOR – Longsor yang terjadi di Kelurahan Sampara, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), Senin (15/5/2017) (Dedi Finafiskar/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, UNAAHA – Agus (55) Warga Kelurahan Sampara, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) hanya bisa pasrah saat melihat rumahnya tertimbun longsor. Rumah tersebut ia bangun secara permanen dan sudah ditinggali beberapa tahun lalu.

Warga yang berprofesi sebagai petani itu menceritakan, pada minggu (14/5/2017) kemarin, saat hujan lebat turun dirinya sudah mulai merasakan firasat buruk. Saat mengecek struktur tanah di samping rumahnya yang merupakan jalan penghubung ke Desa Andepali, Kecamatan Sampara, dirinya sudah merasa was-was, jalan yang berada tepat di samping rumahnya sudah mulai retak akibat hujan yang turun terus menerus.

“Saya lalu beritahu keluarga saya, dan tetangga saya untuk ikut membantu memindahkan barang-barang saya yang berada dalam rumah,” tutur Agus saat dimintai penjelasan oleh pihak Kepolisian, Senin (15/5/2017)

Tidak lama berselang, tanah yang berada di samping rumahnya langsung ambruk dan menimpa rumahnya, beruntung pada kejadian tidak korban jiwa. Karena Agus beserta sanak keluarganya sudah terlebih dahulu mengungsi ke rumah tetangganya.

“Saat memperoleh informasi, kami langsung terjun di tempat Kejadian, untuk mengevakuasi warga yang berada di sekitara longsor, untungnya dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa,” terang Kepala Badan Penanggulangan bencana (BPBD) Konawe, Jahiudin.

Berdasarkan pantau Zonasultra.com di lokasi kejadian, selain personil BPBD, aparat Kepolisian juga turun mengevakuasi warga yang berada di sekitar longsor, pihak kepolisian langsung memasang garis polisi di lokasi terjadinya longsor.

Kapolres Konawe AKBP Jemi Junaidi mengatakan, tanah yang longsor di sekitar rumah korban merupakan struktur tanah yang labil.

“Untungnya korban sudah mengantisipasi sebelum terjadi musibah, akibat kejadian itu korban mengalami kerugian sekitar Rp 75 juta, dan untuk mencegah musibah lanjutan tetangga korban bapak Endang suriadi dan Supardi sudah kita imbau untuk meninggalkan rumah dulu,” terang Kapolres (A)

 

Reporter : CR 1
Editor : Kiki

Tagged with:
DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free