Tampilan Desktop


Satukan Persepsi Pembangunan, Bappeda Wakatobi Adakan Workshop
117 Dibaca

ZONASULTRA.COM, WANGI-WANGI – Badan Perencaan dan Pembangunan Daerah(Bappeda) Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra),  berupaya menyatukan persepsi pembangunan yang akan dilakukan di  daerah setempat. Untuk mencapai tujuan itu, salah satu langkah yang dilakukannya yakni menggelar  workshop tentang teknik pendataan terbaru untuk pembangunan semua aspek.

Kepala Bappeda .Abdul Manan mengatakan, dengan adanya persamaan persepsi itu dapat memperbaiki sistem  fungsi dan kualitas data  pada setiap Satuan Kerja dan Perangkat Daerah (SKPD). Dengan demikian, secara akademis data-data pembangunan tersebut bisa dipertanggung jawabkan.
“ Ini data pembangunan untuk semua aspek baik aspek sosial ekonomi, sosial budaya maupun aspek pembangunan itu sendiri yang erat hubungannya dengan profil daerah. data ini merupakan data tahunan SKPD diluar RKPD, yang selanjutnya akan menjadi kajian Bappenas RI,” tutur Abdul Manan saat ditemui, Kamis(7/5/2015). 
Perlunya perbaikan sistem fungsi data yang harus disampaikan kepada pihak Bappenas pada tiap tahunnya karena ada perbedaan cara pandang pembangunan daerah.  Setiap objek atau setiap aspek masing-masing punya tafsiran sendiri-sendiri terutama keragaman aspek pembangunan pada tiap SKPD yang ada.
Dicontohkannya, pada program pembangunan dimana hal itu diusulkan oleh ahli sosial, maka tinjauannya akan berbeda dilihat oleh ahli mate-matika atau ilmu lainnya. Makanya cara padang berbeda itu, dengan teknik pendataan melalui bidang pembangunan daerah  itu harus disamakan persepsinya. (**Ahmad Dhylun)
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com