Tampilan Desktop


SBMPTN 2016 UHO Gunakan PBT dan CBT
98 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Ada yang berbeda dalam pelaksanaan tes Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016. Pada tahun ini, seleksi dilakukan dalam dua sistem, yaitu paper based test (PBT) dan computer based test (CBT) atau ujian online.

Pendaftar SBMPTN UHO Tembus 11.000 Orang

Ilustrasi

Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) merupakan salah satu PTN di Indonesia yang menyelenggarakan SBMPTN dengan menggunakan PBT dan CBT.

Ketua Panitia SBMPTN UHO La Rianda mengatakan, sebanyak 40 calon mahasiswa baru (Maba) mengikuti SBMPTN dengan menggunakan CBT yang dipusatkan di Fakultas Kedokteran yang telah terbiasa menyelenggarakan ujian kompetensi dokter.

Hal itu juga yang mendasari pemerintah pusat memberikan kuota kepada UHO untuk menyelenggarakan SBMPTN secara online.

Menurut La Rianda, sebagai langkah awal pihaknya hanya meminta jatah sebanyak 40 peserta, padahal pusat sudah memberikan kepercayaan untuk menyelenggarakan CBT sebanyak 80 peserta.

“Jangan sampai kita meminta jatah banyak, tapi pelaksanaanya terkendala listrik atau teknis lainnya. Karena itu untuk langkah awal kita mulai dari 40 peserta saja,” kata La Rianda di Gedung Rektorat UHO, Selasa (31/5/2016).

Dikatakan, peserta SBMPTN bebas memilih metode tes yang akan diikuti. Namun, tetap saja tak bisa memilih keduanya sekaligus.

“Kuota kita kan 40. Jadi peserta tinggal memilih mau PBT atau CBT. Kalau sudah cukup 40 orang, yang memilih urutan ke-41 itu secara otomatis sudah tidak bisa lagi,” jelas La Rianda.

Dalam SBMPTN online, soal akan muncul satu per satu secara berurutan sesuai nomor soal, untuk memudahkan peserta untuk menjawabnya. Durasi pengerjaan ujian CBT dan PBT tetap sama. Bedanya, isian jawaban peserta ujian akan otomatis diperiksa setelah para peserta selesai mengerjakan soal.

Meski demikian, hasil ujian tak akan terlihat real time. Peserta CBT tetap harus bersabar menunggu pengumuman hasil SBMPTN yang akan diumumkan serentak bersamaan dengan hasil PBT, pada 28 Juni 2016 pukul 17.00 WIB. (B)

 

Penulis : Jumriati

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com