Tampilan Desktop


SDN 2 Lamokato Wakili Sultra Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional
142 Dibaca

SDN 2 Lamokato Wakili Sultra Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional

SEKOLAH SEHAT – Wakil Bupati Kolaka, Muhammad Jayadin bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kolaka, Herty Safei mendampingi tim penilai lomba sekolah sehat tingkat nasional di SDN 2 Lamokato, Kamis (26/5/2016). (Abdul Saban/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Sekolah Dasar Negeri (SDN) 2 Lamokato, Kabupaten Kolaka mewakili Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat nasional kategori sekolah dasar (SD) tahun 2016.

Ketua Tim Penilai LSS Pusat kategori SD, Muchlis Catoi mengatakan, pemilihan SDN 2 Lamokato untuk mewakili Sultra tentu sudah melewati berbagai tahapan penilaian dari tingkat kabupaten Kolaka hingga seleksi tingkat provinsi Sultra.

Muchlis mengatakan, LSS diikuti lembaga pendidikan jenjang taman kanak-kanak (TK), SD/MI, Sekolah Menengah Pertama (SMP)/MTs, Sekolah Menengah Atas(SMA) sederajat.

“Penilaian dilakukan menggunakan instrumen yang dikembangkan Pusat Penelitian Kebijakan Balitbang Kemendikbud Kementerian Agama, Kementerian Kesehatan, dan Kementerian Dalam Negeri,” jelas Muchlis usai melakukan serangkain penilaian LSS di SDN 2 Lamokato, Kamis (26/52016).

Lebih jauh dikatakan Muchlis, hal-hal yang dinilai dalam lomba sekolah sehat tingkat nasional adalah penilaian terhadap tim pembina UKS tingkat provinsi, kabupaten/kota, dan kecamatan, penilaian terhadap sekolah dengan aspek kebersihan sarana/prasarana kelas, ruang guru, kantin, toilet, air bersih, tempat cuci tangan, tempat ibadah, kondisi tempat sampah dan UKS.

Selain itu, ada juga kriteria penilaian terhadap perilaku kesehatan anak didik diantaranya pengetahuan tentang UKS dan perilaku hidup bersih dan sehat serta penilaian terhadap pelaksanaan pelayanan kesehatan.

“Lomba ini dilakukan setiap tahun yang bertujuan untuk mendorong setiap sekolah berkompetisi dalam segala hal yang menyangkut kualitas pendidikan. Pemenangnya akan diundang untuk mengikuti upacara detik-detik proklamasi 17 Agustus di Istana Negara,”ujarnya.

Kepala Sekolah SDN 2 Lamokato, Kasmawati mengaku bangga atas capaian positif sekolahnya itu. Untuk mencapai hal itu, Kasmawati bersama stakeholder sekolahnya telah membangun instrumen sekolah sehat sejak enam tahun lalu.

“Banyak tantangannya untuk mencapai hasil yang kami raih hari ini. Tapi, sejak awal, saya bersama rekan-rekan guru bertekad untuk mewujudkan sekolah ini sebagai basis pendidikan kesehatan,” ujar Kasmawati.

Wanita peraih anugerah Kepala Sekolah Berprestasi peringkat 3 nasional tahun 2015 itu berpendapat, pendidikan yang berbasis sekolah sehat sangat penting untuk merangsang dan memotivasi siswa-siswi sekaligus membangun karakter bangsa untuk menjaga kesehatan di lingkungannya.

Di tempat yang sama, Wakil Bupati Kolaka, Muhammad Jayadin mengapresiasi upaya pihak SDN 2 Lamokato dalam memberikan usaha maksimal untuk mengharumkan nama Kabupaten Kolaka.

Sebagai ketua tim pembina UKS Kabupaten Kolaka, Jayadin menghimbau agar sekolah-sekolah lain terus berusaha untuk mengikuti jejak prestasi yang ditorehkan SDN 2 Lamokato. (B)

 

Penulis: Abdul Saban
Editor: Jumriati

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

1 Comment

  1. Riska Damayanti 21 Agustus 2016 at 11:15 am

    JAYA SELALU SDN 2 LAMOKATO ^Semangatttttttttttttttttttttttt^

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com