Tampilan Desktop



Sejumlah Pimpinan SKPD di Konut Dituding Bandel
367 Dibaca

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU – Sejumlah pimpinan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) lingkup pemerintah Kabupaten Konawe Utara (Konut) dituding bandel. Hal itu diungkapkan Kepala Bappeda Konut, Antariksa, sebab hingga saat ini permintaan rencana kerja anggaran (RKA) untuk APBD Perubahan hingga belum juga dimasukan ke Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) setempat.

Pelaksana tugas (Plt) Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Konut Antariksa

Antariksa

Kepala Bappeda Konut Antariksa mengatakan, semestinya ke 67 lembaga pemegang Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) telah selesai menyerahkan RKA untuk perubahan anggaran tahun 2017 ini di instansinya.

Mengingat, surat permintaan RKA perubahan telah dilayangkan oleh sekretaris daerah sejak tanggal 17 Juli 2017. Namun hingga kini belum mencapai 50 persen yang menyerahkan untuk selanjutnya dilakukan pengimputan.

“Batas surat dari Pak Sekda itu hingga 28 Juli 2017, ini sudah masuk bulan Agustus mereka belum masukan,” kesal Antariksa, Selasa (1/8/2017).

Dia juga mempertanyakan tugas yang dilakukan oleh pimpinan SKPD selama ini, mengingat batasan waktu yang diberikan selama dua pekan telah dilewati.

“Kita patut empertanyakan keseriusan pimpinan SKPD dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Karena roh dari program pemerintah adalah dalam anggaran, karena ini menyangkut pembangunan,” ujarnya.

Menurutnya, sikap bandel yang diperlihatkan pimpinan SKPD berdampak pada lambatnya pengimputan KUA PPAS Perubahan. Sehingga untuk mempercepat proses tersebut, pihaknya harus turun langsung melakukan penjemputan RKA Perubahan di setiap SKPD.

“Yang tidak memasukan (RKA) dianggap tidak ada perubahan,” katanya.

Untuk APBD Perubahan, seluruh intansi yang ada tidak mengalami penambahan anggaran. Namun, yang akan dilakukan adalah pergeseran program yang belum dilakukan dan sisa-sisa anggaran yang akan dijadikan pada kegiatan lain.

“Intinya perubahan anggaran tahun tidak ada penambahan dari pagu yang ada, menggesar anggaran dari kegiatan masing-masing SKPD itu yang kita prioritaskan,” jelasnya.

Dirinya memperkirakan, untuk penyerahan KUA PPAS ke DPRD Konut pada minggu ke dua bulan Agustus, yang selanjutnya akan dilakukan pembahasan APBD Perubahan 2017.

“Kalau lancar ini minggu ke dua, karena memerlukan proses setelah RKA Perubahan akan di input lagi ke KUA PPAS,” tutup Antariksa. (A)

 

Reporter : Murtaidin
Editor : Kiki

Tagged with:
DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com