iklan zonasultra

iklan zonasultra

Sekolah di Delapan Kabupaten Ini Kebagian Internet Gratis

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Kusnadi
Kusnadi

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Program internet gratis dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemkominfo RI) kini mulai merambah sekolah di sejumlah kabupaten yang ada di Sulawesi Tenggara (Sultra). Sedikitnya terdapat 8 kabupaten yang menikmati program ini.

Puluhan sekolah itu tersebar di kabupaten Muna, Konawe, Konawe Utara (Konut), Konawe Selatan (Konsel), Bombana, Buton, Buton Utara (Butur) serta Wakatobi.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Sultra, Kusnadi menjelaskan program internet masuk sekolah itu merupakan bentuk perhatian pemerintah di bidang telekomunikasi dan informasi, utamanya bidang pendidikan di daerah.

“Jadi anak-anak tidak lagi susah akses internet, karena sudah ada jaringannya. Dan mereka bisa dengan nyaman mengakses internet untuk kebutuhan pendidikan,” terang Kusnadi, Jumat (9/11/2018).

Meski demikian, program ini tidak bisa menjangkau semua sekolah yang ada di kabupaten. Setidaknya satu atau dua sekolah saja yang mendapat jatah pemasangan jaringan internet gratis itu.

Kusnadi berharap, pihak sekolah dapat memanfaatkan internet gratis ini dengan sebaik-baiknya, utamanya sebagai akses untuk memperoleh ilmu, pengetahuan, dan informasi.

“Ini gratis setiap tahun, dibayar oleh Kementrian Kominfo RI. Dan ini merupakan program berkesinambungan, InsyaAllah tahun depan akan ada lagi,” ucapnya.

Adapun sekolah yang menerima program internet gratis itu adalah SDN 16 Tongkuno dan SMPN 9 Raha (Muna), SMAN Asinua (Konawe), SDN 2 Molawe dan SMAN Asera (Konut), SMAN 11 Konsel, SMAN 5 Bombana, SMA 1 Wabubula (Buton), SMAN 1 Kulisusu Utara dan SMPN Bone Gunu (Butur) dan SMAN Wangiwangi (Wakatobi).

Untuk Wakatobi sendiri, saat ini masih dalam proses perampungan. Tidak hanya itu, dari hasil survei dan dievaluasi yang dilakukan oleh Badan Aksebilitas Telekomunikasi dan Informatika (Bakti), selain ke 8 daerah itu terdapat 10 daerah lainnya sudah dapat mengakses internet dengan baik. (B)

 


Reporter: Randi Ardiansyah
Editor: Abdul Saban

 

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib