Tampilan Desktop



Sekretaris Kementerian Koperasi: Bank Sampah Punya Potensi Ekonomi yang Besar
22 Dibaca

ZONASULTRA.COM, JAKARTA – Bank sampah mempunyai potensi ekonomi yang besar dalam menopang pertumbuhan ekonomi masyarakat. Oleh karena itu, kelembagaan unit-unit bank sampah perlu didorong dan diperkuat dengan melakukan sinergi yang saling menguntungkan.

Sekretaris Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Agus Muharram

Agus Muharram

Sekretaris Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Agus Muharram mengatakan perlu ada pengelompokan unit-unit bank sampah menjadi badan hukum koperasi. “Hal ini supaya lebih mudah akses ke sumber-sumber produktif, seperti pemasaran, pembiayaan, teknologi, dan lainnya, dalam rangka mengembangkan usahanya,” ujar Agus Muharram di Jakarta, Rabu (30/8/2017).

Agus menyebutkan, untuk mengembangkan UMKM bank sampah perlu dilakukan langkah-langkah antisipatif dari hulu hingga hilir, seperti meningkatkan capacity building pengelola bank sampah, melakukan kemitraan dengan instansi terkait, perluasan pemasaran, pembiayaan, serta pendampingan. Tujuannya untuk meningkatkan efektifitas pengelolaannya dan pengembangan produk derivatif.

Untuk itu, Kemenkop dan UKM memiliki beberapa program yang dapat memperkuat unit-unit bank sampah. Diantaranya, izin usaha mikro dan kecil (IUMK) secara gratis. “Diharapkan melalui IUMK ini lebih memudahkan unit-unit bank sampah akses ke sumber pembiayaan seperti yang sudah dilakukan di Makassar kepada lima unit bank sampah oleh Bank BRI”, tandas Agus.

Selain itu, program lainnya yakni pendampingan untuk meningkatkan kemampuannya dalam mengelola sampah menjadi produk yang bernilai ekonomi. Termasuk memfasilitasi sinergi pengelola bank sampah ke mitra strategis, baik di hulu maupun hilirasi seperti dalam pemasaran produk, pengembangan produk dan lainnya.

Keberadaan unit-unit bank sampah di masyarakat sudah berkembang, namun kelembagaan bank sampah yang ada belum berjalan dengan optimal. Untuk itu perlu dilakukan perkuatan terhadap kelembagaan bank sampah agar dapat berkembang dengan efektif dan efisien. (B)

 

Reporter: Rizki Arifiani
Editor: Jumriati

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free