Tampilan Desktop


Sempat Dijadwalkan, MK Batalkan Agenda Pemeriksaan Saksi Pihak Terkait
39 Dibaca

Ilustrasi

Ilustrasi

 

ZONASULTRA.COM, RAHA– Mahkamah Konstitusi (MK) secara tiba-tiba membatalkan agenda sidang pemeriksaan saksi-saksi dari pihak pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Muna, LM. Baharuddin-La Pili (Dokter-Pilihanku).

Agenda pemeriksaan saksi ini sehubungan dengan laporan hasil Pemungutan Suara Ulang (PSU) yang diajukan di depan majelis hakim MK yang dipimpin ketua mejelis hakim Patrialis Akbar pada Senin, 18 April kemarin. Dimana dalam laporannya, kubu Dokter Pilihanku menuding adanya temuan lima pelanggaran yang terjadi dalam pelaksanaan PSU pada 22 Maret 2016 lalu.

Agenda pemeriksaan saksi dari pihak terkait itu, sempat tertulis dalam agenda jadwal persidangan dilaman resmi MK, Senin malam. Dijadwalkan sidang akan berlangsung pada Senin, 25 April nanti. Namun Selasa (19/4/2016), beredar informasi terkait pembatalan agenda sidang tersebut.

Dalam pesan berantai tersebut, tertulis bahwasanya berdasarkan hasil Rapat Permusyawaratan Hakim (RPH) yang dilakukan pada tanggal 19 April 2016 pukul 10.00 WIB, majelis hakim menetapkan pemeriksaan persidangan perkara Nomor 120/PHP.BUP-XIV/2016 (PHP Kabupaten Muna Tahun 2015) dinyatakan telah cukup, sehingga tidak perlu dilanjutkan sidang untuk mendengar saksi dari para pihak.

Kabar ini kemudian terkonfirmasi kebenarannya melalui Ketua Panwaslu Muna, Mahiluddin Nsaga. “Iya, informasi itu benar. Kami telah menerima kabar tersebut dari Panitera MK,” kata Mahiluddin saat dihubungi Zonasultra.com melalui telepon selulernya.

Mahiluddin mengatakan, setelah agenda pemeriksaan saksi dari pihak terkait ini dibatalkan, maka agenda sidang selanjutnya menunggu jadwal terkait putusan perkara PHPilkada Muna.

Ia kemudian mengirimkan isi pesan yang disebutnya berasal dari Panitera MK itu berikut nomor telepon yang bisa dihubungi untuk mengecek kebenaran informasi tersebut.

Berikut kutipannya : Kepada Yth. Pemohon/Kuasanya, Termohon/Kuasanya, Pihak Terkait/Kuasanya dan Bawaslu. Berdasarkan Hasil RPH Tanggal 19 April 2016 pukul 10.00 WIB,  Informasi Resmi termasuk Jadwal Sidang Mahkamah Konstitusi dapat dilihat di www.mahkamahkonstitusi.go.id, Nomor Telepon (021) 3863323 Nomor Faks (021) 3863457 Terimakasih.

Zonasultra.com kemudian berusaha mengklarifikasi kebenaran kabar pembatalan sidang pemeriksaan saksi kepada komisioner KPU Muna. Namun, hingga berita ini diturunkan belum berhasil dihubungi.
Upaya klarifikasi kepada pihak KPU Sultra pun belum membuahkan hasil. La Ode Abdul Natsir, salah seorang komisioner KPU Sultra, saat dihubungi tidak memberikan komentar.

“Baiknya dengan KPU Muna. Saya berada di Kendari, tidak berada di Jakarta,” ujar La Ode Abdul Natsir melalui isi pesan singkatnya.  (A)

 

Penulis : Marly Pilok
Editor  : Rustam

View all contributions by

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com