Tampilan Desktop


Senator Umar Arsal Kibarkan Merah Putih di Elbrus, Puncak Gunung Tertinggi di Eropa
279 Dibaca

Senator Umar Arsal Kibarkan Merah Putih di Elbrus, Puncak Gunung Tertinggi di Eropa

Raut bahagia dan bangga terpancar dari wajah pria berperawakan tinggi putih itu. Umar Arsal, senator DPR RI asal Sulawesi Tenggara menceritakan jika dia dan beberapa rekanya baru saja menyelesaikan sebuah ekspedisi pendakian puncak pegunungan tertinggi di Eropa, Elbrus yang terletak di Rusia Selatan. (Foto Istimewa)

 

ZONASULTRA,COM.KENDARI– Raut bahagia dan bangga terpancar dari wajah pria berperawakan tinggi putih itu. Umar Arsal, senator DPR RI asal Sulawesi Tenggara menceritakan jika dia dan beberapa rekanya baru saja menyelesaikan sebuah ekspedisi pendakian puncak pegunungan tertinggi di Eropa, Elbrus yang terletak di Rusia Selatan.

Dengan ramah Umar mengisahkan ekspedisi untuk mengibarkan merah putih dilakukan bersama sebuah tim, bernama 7 Five Thousanders atau 7FT, seluruhnya berjumlah tujuh orang, yang pimpin langsung oleh dirinya.

Ketujuh anggota tim termasuk Umar Arsal, semasa mahasiswa tergabung dalam unit kegiatan mahasiswa SAR Universitas Hasanuddin, Makassar.

Senator Umar Arsal Kibarkan Merah Putih di Elbrus, Puncak Gunung Tertinggi di Eropa

Umar Arsal

Umar bersama timnya yang rata-rata berusia 50 tahun berhasil mencapai puncak Gunung Elbrus di kawasan Pegunungan Kaukasus, pada Sabtu, 23 Juli 2016.

Kelompok pertama dari tim tersebut meraih puncak pada pukul sembilan pagi waktu setempat pada ketinggian 5.642 m dpl (dari permukaan laut) di puncak barat Elbrus disusul anggota-anggota tim berikutnya.

“Perjuangan menuju ketinggian puncak Elbrus di Rusia itu, cukup menguras tenaga kami, namun setelah berhasil mencapai puncak, kebanggaan menjadi bayaran dari semua itu,” jelas Umar Arsal

Tim memulai pendakian, lanjut senator DPR RI diawali dari base camp di National Park Refuge di ketinggian 3.850 mdpl.

Untuk ekspedisi menaklukan Elbrus, dia dan tim melakukan latihan aklimatisasi, adaptasi ketinggian ke Diesel Hut (4.100 mdpl) dan Pastukhov Rocks di ketinggian 4.800 mdpl, hingga latihan menggunakan peralatan pendakian es dan salju. Termasuk di dalamnya latihan rescue di medan bersalju dan es.

“Elbrus dalah satu puncak pegunungan faforit para pendaki dunia. Pemandangan dipuncak sangat indah, kita juga bisa beryukur dan merasakan keagungan Tuhan,” kata Umar penuh dengan sahdu menceritakan pengalamanya menaklukan Elbrus.

Senator Umar Arsal Kibarkan Merah Putih di Elbrus, Puncak Gunung Tertinggi di Eropa

 

Dalam pendakian kali ini, tim mengikutsertakan seorang mahasiswa anggota SAR Unhas dan dua orang sineas pembuat film dokumenter lulusan IKJ.

Di dalam rombongan terdapat pula manajemen pendakian dari Indonesian Expedition yang pernah menjadi World Seven Summitter, dan pengurus Asosiasi Pemandu Gunung Indonesia. Seluruh rombongan berjumlah 15 personil.

Pendakian Gunung Elbrus merupakan bagian dari program tim 7FT untuk mendaki lima gunung di dunia dengan ketinggian minimal 5.000 mdpl. Elbrus adalah gunung puncak gunung tetinggi di wilayah Eropa. Sebelumnya Umar Arsal juga menaklukan Kinabalu dan pada tahun 2015 lalu Umar Arsal juga kembali melakukan ekspedisi pendakian dipuncak tertinggi pegunungan Himalaya, Everest Kala Patthar, Nepal.  (A)

 

Editor : Tahir Ose

Tagged with: , ,
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com