Tampilan Desktop



Seribu Spesies Karang Ditanam di Dasar Laut Pulau Bokori oleh BKIPM Kendari
26 Dibaca

Sebanyak 1.025 spesies karang ditanam di dasar laut Pulau Bokori, Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe oleh Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Kendari beberapa waktu lalu. BKIPM KENDARI – Sebanyak 1.025 spesies karang ditanam di dasar laut Pulau Bokori, Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe oleh Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Kendari beberapa waktu lalu. (Istimewa)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Sebanyak 1.025 spesies karang ditanam di dasar laut Pulau Bokori, Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe oleh Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Kendari beberapa waktu lalu.

Kepala BKIPM Kendari Hafit Rahman mengatakan kegiatan transplatansi yang dilakukan pihaknya merupakan salah satu wujud kepedulian untuk mengembangkan potensi wisata Pulau Bokori, apalagi saat ini semakin maraknya kegiatan nelayan yang melakukan pemboman di laut untuk menangkap ikan serta kegiatan pengrusakan karang.

“Semoga dengan adanya transplatansi karang ini, akan memicu pertumbuhan terumbu karang di dasar laut pulau Bokori, salah satu jenis karang itu arcopora,” ungkap Hafit Rahman saat acara Hari Bakti Bulan Bakti Karantina, Selasa (9/5/2017).

Baca Juga : BKIPM Kendari Adakan Pekan Layanan Publik Pengguna Jasa Karantina Ikan

Seribu Spesies Karang Ditanam di Dasar Laut Pulau Bokori oleh BKIPM Kendari

Dijelaskan Hafit, sebelum menentukan lokasi transplatansi tersebut pihak sudah melakukan koordinasi dengan Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Kendari terkait zonasi untuk penanaman karang sehingga tidak bertentangan dengan karang yang sudah dilakukan sebelumnya oleh sejumlah pihak terkait.

Untuk menjaga agar pertumbuhan karang dapat berjalan dengan baik, pihaknya akan melakukan pengawasan dan peninjauan ke dalam laut secara berkala guna melihat perkembangan pertumbuhannya, apalagi diketahui pertumbuhan untuk setiap sentimeter karang membutuhkan waktu paling cepat satu tahun.

Baca Juga : Bahan Olahan Ikan Sidat, BKIPM Gelar Lomba Masak Khusus Pria

“Kalau pengawasan dijalankan dengan baik, dan masyarakat setempat ikut menjaga lingkungan laut sekitar bokori, bukan hal yang mustahil jika nantinya akan menjadi pusat edukasi dan wisata bahari pilihan terdekat dengan pusat kota Kendari,” pungkasnya.

Selain itu, dari segi perekonomian otomatis masyarakat setempat yang memberikan pelayanan penyebrangan ke Pulau Bokori akan meningkat seiring dengan peningkatan pengujung ke tempat wisata yang sudah di kelola dengan baik itu. (B)

 

Reporter : Ilham Surahmin
Editor : Tahir Ose

DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free