Tampilan Desktop


Setelah Kemendagri, Pemprov Sultra Juga Pastikan Tak Ada SK Bodong Bupati Muna
1123 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) memastikan tak ada SK bodong atau palsu dalam pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Muna Rusman Emba-Malik Ditu.

Kabag Otonomi Daerah (Otda) Sekertariat Daerah (Setda) Sultra Tomy Indra Sukiadi

Tomy Indra Sukiadi

Kabag Otonomi Daerah (Otda) Sekertariat Daerah (Setda) Sultra Tomy Indra Sukiadi mengungkapan jika seluruh prosedur dan persyaratan dari proses awal hingga pelaksanaan pelantikan sudah berjalan dengan semestinya.

“Gubenur Nur Alam juga tidak akan berani melantik jika tak ada landasan hukum, jadi saya pastikan SK itu tidak palsu dan keabsahannya diakui,” ungkap Tomy saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Rabu (28/9/2016).

Dia menjelaskan, untuk melahirkan SK dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) pihaknya terlebih dahulu menyiapkan seluruh dokumen persyaratan seperti surat DPRD Kabupaten Muna tentang usulan pengesahan pengangkatan pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih Kabupaten Muna tahun 2015, nomor 170/200/VIII/2016.

Dalam surat ini dilampirkan pula sejumlah surat untuk pemenuhan syarat seperti surat keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Muna nomor 33/Kpts/KPU-Kab.026.433541/2016 tanggal 1 Agustus 2016 tentang penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih dalam pemilihan bupati tahun 2015.

Selain itu, dilampirkan pula putusan Mahkamah Konstitusi (MK) RI nomor 120/PHP.BUP-XIV/2016 tanggal 27 Juli 2016 tentang perselisihan hasil pemilihan bupati dan wakil bupati Kabupaten Muna tahun 2015. Surat DPRD ini ditandatangani langsung oleh Pimpinan DPRD Kabupaten Muna Mukmin Naini.

(Artikel Terkait : Kemendagri : Tidak Ada SK Bodong Bupati Muna)

Setelah seluruh dokumen persyaratan untuk diajukan ke Kemendagri dipenuhi, pihaknya langsung mengirim seluruh berkas tersebut ke Kemendagri dan lahirnya petikan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri (Medagri) nomor 131.74-6505 tahun 2016 tentang pemberhentian penjabat Bupati Muna Provinsi Sultra Muhammad Zayat Koemuddin.

Kemudian petikan SK Mendagri nomor 131.74-6506 tahun 2016 tentang pengangkatkan Bupati Muna LM. Rusman Emba serta petikan SK Mendagri nomor 132.74-6507 tahun 2016 tentang pengangkatan Wakil Bupati Muna Abdul Malik Ditu.

“Semua persyaratan dari DPRD yang diajukan ke Kemendagri juga sebelumnya sudah didisposisi oleh Gubernur Sultra pada tanggal 8 Agustus 2016,” terangnya.

Terkait permasalahan SK bodong dan isu yang dipermasalahkan bahwa SK petikan ini tidak ditanda tangani oleh Mendagri hanya dituliskan ttd Mendagri Tjahjo Kumolo, Tomy menegaskan bahwa Mendagri hanya melakukan tanda tangan pada SK pelantikan yang asli dan SK tersebut disetorkan langsung ke Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI.

Setelah adanya SK itu, Kemendagri meneruskan SK tersebut dalam bentuk SK petikan dan ditanda tangani oleh Plt. Sekretaris Ditjen Otda Ansel Mustan seperti yang dijelaskan sebelumnya yang ditujukan kepada Pemerintah Provinsi Sultra, penjabat Bupati Muna serta Bupati dan Wakil Bupati Muna terpilih pada pilkada tahun 2015 lalu.

Oleh karena itu, Tomy menegaskan jika SK pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Muna terpilih Rusman-Malik periode 2016-2021 asli dan diakui keabsahannya serta telah melalui prosedur yang berlaku pada peraturan perundang-undangan.

“Jika masih diragukan, silhakan langsung ke Kemenkumham untuk melihat aslinya,” tegas Tomy.

Sebelumnya, pihak Kemendagri juga telah membatah isu yang beredar di masyarakat Sultra melalui media sosial facebook terkait SK bodong pelantikan Rusman-Malik.

“SK-nya jelas dari Kemendagri, kenapa disebut bodong?, faktanya saya cek ke Direktur Fasilitasi Kepala daerah, DPRD dan Hubungan Antar Lembaga (FKDH) Dirjen Otonomi Daerah SK Bupati Muna itu memang sudah keluar,” ujar Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Dodi Riatmadji di Jakarta. (A)

 

Reporter: Ilham Surahmin
Editor: Jumriati

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com