Tampilan Desktop

Setnov Resmi Pimpin DPR RI
128 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Sidang Paripurna DPR RI resmi menyetujui penggantian Ketua DPR dari Ade Komarudin ke Setya Novanto dari Fraksi Partai Golkar. Hal tersebut juga mendapat persetujuan dari fraksi Partai Demokrat.

Setya Novanto

Setya Novanto

Umar Arsal mengatakan, ada dua agenda yang diusung dalam rapat paripurna tersebut, yaitu pengambilan keputusan terhadap pemberhentian Ketua DPR RI dan penetapan pengganti Ketua DPR RI. Rapat Paripurna kali ini memenuhi kuorum karena dihadiri 402 anggota.

Hal itu berdasarkan dari hasil keputusan Badan Musyawarah (Bamus) yang digelar pada hari Selasa (29/11/2016) malam.

Sidang tersebut dipimpin oleh Wakil Ketua DPR Fadli Zon. Sedangkan, Ade diberitakan tengah berada di Singapura untuk berobat.

Lebih lanjut ia mengatakan, dalam persidangan, Fadli memberikan kesempatan kepada para perwakilan setiap fraksi untuk menyampaikan pandangan. Dari semua fraksi tidak ada satu pun yang menolak pencalonan Novanto sebagai Ketua DPR, yang diusulkan oleh Fraksi Partai Golongan (Golkar).

“Demikian pula Fraksi Demokrat, setelah memperhatikan dan mencermati, juga menyetujui hal itu, mengingat pergantian pucuk pimpinan DPR itu bagian porsi golkar,” kata Umar Arsal.

Setelah masing-masing Fraksi menyampaikan pandangan, Fadli menanyakan kembali kepada peserta sidang apakah para peserta Sidang Paripurna menerima Novanto sebagai Ketua DPR?, Mereka secara serempak menyatakan ‘setuju’.

Setelah peserta sidang sepakat, Novanto menjalankan pelantikan dengan mengucapkan sumpah jabatan yang dipimpin oleh hakim dari Mahkamah Agung. (A)

 

Penulis : Irsan Rano
Editor : Kiki

JN ZonaSultra

View all contributions by JN ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com