Tampilan Desktop

Siaga Bencana, Polda Sultra Cek Kesiapan Alat SAR
38 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI -Inspektorat Pengawasan Daerah (Irwasda) Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) bersama Kepala Biro Operasional (Karoops) serta beberapa pejabat utama Polda Sultra, melakukan pengawasan dan pengecekan perlengkapan serta peralatan dan alat yang dimiliki oleh masing-masing personel di ruang Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sultra, Rabu (24/8/2016).

ilustrasi siaga bencana

Ilustrasi

Irwasda Polda Sultra Kombes Pol Novi Ermansyah mengatakan, pengecekan itu dilakukan untuk mengetahui kesiapan personil dalam menghadapi
bencana, baik di darat maupun di laut.

“Jadi ini tidak hanya dilakukan di Polda Sultra, tapi di seluruh polda juga melakukan cek kesiapan peralatan dan sarpras, sesuai instruksi dari Kapolri,” tuturnya, Rabu (24/8/2016).

Selain peralatan, lanjutnya, pihaknya juga melakukan pengecekan terhadap personil yang mengawaki peralatan tersebut, seperti Unit Satwa K9
Squad, perahu kayak evakuasi Direktorat Sabhara, mobil SAR Sat Brimob Polda Sultra dan perahu fiber untuk evakuasi, perahu karet Dit Polair Polda Sultra serta mobil pengendalian massa Sat Dalmas.

“Sebelum menggunakan peralatan ini, jauh hari sebelumnya semua personel sudah melakukan latihan intensif terlebih
dahulu, terkait dengan mekanisme dan penggunakan peralatan tersebut,” ujarnya.

Saat ini, dengan adanya sejumlah peralatan SAR tersebut, dirinya mengaku perlengkapan yang dimiliki untuk SAR sejauh ini sudah lengkap untuk menolong masyarakat yang terkena musibah.

“Tapi memang masih banyak kekurangan yang harus dilengkapi, saya perintahkan Dirsabahara untuk melatih lagi personel agar suatu waktu ada yang mendadak bisa siap digunakan,” tutupnya. (B)

 

Reporter : Randi Ardiansyah
Editor : Jumriati

DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com