Tampilan Desktop


Siap Hadapi Arus Mudik, Ini Langkah Syahbandar Kendari
79 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Menjelang arus mudik dan arus balik Lebaran tahun ini, pihak Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Kendari Sulawesi Tenggara (Sultra), sudah mulai melakukan berbagai persiapan untuk menunjang keselamatan dan keamanan para pemudik selama dalam perjalanan.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kendari Herwanto mengatakan, persiapan mudik telah dilakukan jauh-jauh hari. Pihaknya juga sudah melakukan survei ke terminal dan pelabuhan serta mengecek kondisi kapal yang akan menjadi angkutan para pemudik.

“Kita sudah melaksanakan rapat dengan para stekholder pelabuhan pada 16 Juni kemarin. Kami juga sudah survei ke terminal penumpang untuk melihat kondisi pelabuhan. Kapal-kapal juga kita sudah periksa, terutama keselamatan berlayarnya. Intinya (kapal-kapal) sudah siap untuk mengangkut pemudik,” kata Herwanto ditemui di ruang kerjanya, Rabu (23/6/2015).

Dikatakan Herwanto, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan perusahaan pelayaran agar menyiapkan kapal cadangan jika terjadi lonjakan penumpang yang signifikan. Bahkan ada kemungkinan pihaknya juga akan menambah satu armada kapal cepat jika memang dibutuhkan.

Terkait kondisi pelabuhan di Kendari, Herwanto mengaku sudah meminta beberapa perbaikan kepada Pelindo sebagai pihak pengelola. Seperti di Terminal Pangkalan Perahu, pihaknya meminta Pelindo untuk segera membenahi dermaga kayu yang ujungnya sudah lapuk.

“Di Pelabuhan Nusantara juga kami minta agar akses keluar dan masuk para penumpang itu dipisahkan sehingga tidak perlu lagi akses masuk dan keluar penumpang itu melalui satu pintu,” ujarnya.

Sebagai tambahan, setiap arus mudik tiba ada tiga pelabuhan di Kendari yang sering dipadati oleh pemudik, yaitu Pelabuhan Nusantara yang merupakan rute tujuan Kendari-Raha dan Kendari-Baubau. Selanjutnya Terminal Pangkalan Perahu rute Kendari-Wakatobi dan Pelabuhan Fery yang merupakan rute pemudik tujuan Kendari-Wawonii.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com