Tampilan Desktop



SMK di Sultra Kebagian DAK Rp 28 Miliar, Lebih Besar Dibanding SMA
110 Dibaca

ZONASULTRA.COM,KENDARI– Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Sulawesi Tenggara (Sultra) tahun 2017 nanti mendapat Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 28 miliar dari pemerintah pusat yang disalurkan ke Dinas Pendidikan dan Kebudayan (Dikbud) Sultra. Dana tersebut lebih besar jika
dibandingkan dengan alokasi yang diterima Sekolah Menengah Atas (SMA) yakni sebesar Rp 4 miliar.

Kepala Dikbud Sultra Damsid mengatakan, angka tersebut menunjukkan perhatian pemerintah dalam pengembangan pendidikan, khususnya SMK di tahun 2017 cukup besar. Berdasarkan instruksi Presiden Jokowi untuk menfokuskan pemerataan kualitas lulusan SMK di Indonesia. DAK tersebut akan dialokasikan untuk peningkatan peralatan, laboratorium dan ruang praktek.

kepala-dinas-pendidikan-dan-kebudayaan-kadis-dikbud-provinsi-sulawesi-tenggara-sultra-damsid

Damsid

“Dan memang khusus ke Sultra saja sebesar Rp 28 miliar dari dana DAK, jika dibanding sebelumnya hanya sekitar Rp. 5 miliar,” ungkap Damsid, Jumat (23/12/2016).

Kendati demikian, ia belum bisa memastikan secara rinci distribusi alokasi anggaran pengembangan SMK akan dialokasikan ke mana saja. Namun yang jelasnya, Dikbud Sultra akan melakukan pendataan secara menyeluruh untuk memastikan SMK mana saja yang membutuhkan peningkatan peralatan dan ruang praktek serta laboratorium.

Untuk diketahui, jumlah SMK di Sultra sebanyak 145 SMK yang terbagi dalam 97 SMK negeri dan 56 SMK Swasta di 17 kabupaten kota. Sementara untuk jumlah guru sebanyak 1776 orang.

Anggaran DAK untuk peningkatan SMA hanya sebesar Rp 4 miliar. Alokasi dana itu akan digunakan untuk penambahan ruang kelas baru dan peralatan yang akan disalurkan ke 270 SMA se- Sultra. (A)

 

Reporter : Ilham Surahmin
Editor : Kiki

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free