Tampilan Desktop



Soal Akreditasi, Dinkes Konut Jalankan Program Penggalangan Lintas Program dan Lintas Sektor
114 Dibaca

ZONASULTRA.COM,WANGGUDU – Dinas Kesehatan  Kabupaten Konawe Utara (Konut) Sulawesi Tenggara (Sultra) menjalankan program akreditasi penggalangan lintas program dan lintas sektor (PLPLS). Hal itu dilakukan untuk meningkatakan pelayanan kesehatan kepada masyarakat serta mendapat perlindungan hukum dan pengakuan resmi dari Kementrian Kesehatan (Kemenkes) Pusat.

Pelaksan tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Konut Nurjannah Efendi

Nurjannah Efendi

Kepala Dinas Kesehatan Konut, Nurjannah Efendi, mengatakan program akreditasi merupakan kegiatan nasional yang dijalankan tiap daerah seperti, yang mewakili beberapa Puskesmas yang berada di Konut. Untuk tim akreditasi yang resmi dibentuk terdiri dari tiga orang yaitu, Nurhayati, Siska dan Dirham merupakan staf jajaran Dinkes Konut.

“Sebelumnya tim akreditasi ini telah melakukan peninjauan beberapa waktu lalu dibeberapa puskesmas yang masuk penilaian akreditasi,”Kata Nurjannah difemui, Sabtu (18/3/2017).

Salah satu tim akreditasi Nurhayati menuturkan, kegiatan  ini merupakan tahap awal penilaian akreditasi yang bertemakan PLPLS. Tujuannya sebagai tindak lanjut Pemerintah Konut dalam mensuksekan penilaian akreditasi.

“Selain lintas program yang melibatkan orang puskesmas langsung, kita juga menggandeng lintas sektor agar dalam kegiatan berjalan baik dan bersinergi tidak hanya dari pihak puskesmas yang ditunjuk untuk penilaian akrediatas tapi mulai dari pemerintah Desa, Kelurahan dan Kecamatan juga ikut berperan dan mendukung,” terangnya

Dirinya menambahkan dalam penilaian akreditasi, pihak puskesmas harus menyiapkan dan melengkapi segala persayaratan antra lain, keabsahan sertifikat tanah pendirian puskesmas, tenaga medis seperti dokter gigi, analis dan gizi serta bagian bidang parmasi, pormosi kesehatan (Pormkes), Konseling, bidan, perawat dan kelengkapan admistrasi puskesmas.

“Puskesmas yang masuk penilaian akreditasi ada lima yaitu, Pusekesmas Hialu Kecamatan Oheo, Lasolo Kecamatan Lasolo, Wawolesea Kecamatan Wawolesea, Sawa Kecamatan Sawa dan Landawe Kecamatan Asera,”ujarnya.

(Baca Juga : Wujudkan Wanggudu Ibukota yang Indah, Dinkes Konut Benahi Gedung Perkantoran)

Dalam penilaian tersebut,  Nurhayati mengharapkan seluruh Kepala Pusekesmas (Kapus) dapat bekerja dengan maksimal dan melibatkan semua kompenen yang terlibat agar mampu berjalan baik hinga akhir penilaian dan meraih gelar puskesmas terakreditasi.

Seperti diberitakan sebelumnya, tim akredirasi utusan Dinkes Konut mengelar rapat koordinasi pemantapan penilian akreditasi untuk Puskesmas- puskesmas terpilih yang berada diwilayah Sultra. Dalam kegiatan itu dihadiri langsung oleh seluruh tim akreditasi  dari barbagai Daerah wilayah Sultra dan dipimpin langusung oleh jajaran Kemenkes RI. (B)

 

Reporter: Jefri Ibnu
Editor: Tahir ose

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com