Tampilan Desktop


Sosialisasi ke Sekolah, KPU Koltim Sasar Pemilih Pemula
80 Dibaca

ZONASULTRA.COM, TIRAWUTA– Demi meningkatkan partisipasi masyarakat untuk menyalurkan hak pilihnya dalam pesta demokrasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) 9 Desember mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kolaka Timur (Koltim, Sulawesi Tenggara (Sultra) terus melakukan sosialisasi kebeberapa tempat seperti sekolah, pasar, dan tempat ibadah.

Untuk sosialisasi awal, pihak penyelenggara pemilu itu melakukan sosialisasi ke SMA Negeri 1 Ladongi. Dipilihnya sekolah tersebut, selain jumlah siswa yang sudah menjadi pemilih cukup tinggi, di sekolah tersebut juga terdapat sekitar 200 orang pemilih pemula.

Anggota Komisioner KPUD Koltim, Divisi Sosialisasi dan Pendidikan Politik, Hakpri menjelaskan, tujuan dilakukannya sosialisasi tersebut adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menyalurkan hak pilihnya pada 9 Desember mendatang.

“Untuk November ini kami fokus sosialisasi dan dalam segmen kali ini sasaran utama kami adalah peningkatan pertisipasi pemilih pemula. Selain itu tujuan sosialisasi ini juga untuk mendorong kesadaran masyarakat terutama pemilih pemula untuk menggunakan hak pilihnya pada proses pencoblosan nanti,” kata Komisioner yang baru beberapa bulan menjabat, Sabtu (31/10/2015).

Kegiatan tersebut lanjut Hakpri, juga untuk mengantisipasi pemilih yang tidak menggunakan hak pilihnya. Sebab dari beberapa kejadian pemilih pemula sering golput.

“Pemilih pemula ini adalah kelompok yang cerdas, kelompok yang punya edukatif yang baik, tapi mereka juga sering mengambil sikap acuh tentang proses tahapan pilkada ini,” imbuhnya.

Dalam kegiatan tersebut, KPUD Koltim memberikan pemahaman kepada siswa tentang tahapan pemilihan, mulai dari pengambilan surat suara, pencoblosan, sampai pada tahapan penghitungan suara. Selain itu, KPU juga memperlihatkan gambar pasangan calon serta visi dan misi mereka kedepan.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com