Tampilan Desktop



Sosialisasi Pengembangan Wisata, Dinas Pariwisata Konut Minta Masyarakat Labengki Peduli Kebersihan
127 Dibaca

Sosialisasi Pengembangan Wisata, Dinas Pariwisata Konut Minta Masyarakat Labengki Peduli Kebersihan

SOSIALISASI – Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Konawe Utara (Konut) Yade Riyanto dalam acara sosialisasi pengembangan wisata yang digelar di Balai Desa Labengki, Sabtu malam (16/9/2017). (Rizki Arifiani/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU – Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Konawe Utara (Konut) Yade Riyanto menekankan kepada masyarakat Desa Labengki pentingnya kebersihan. Hal ini diungkapkannya saat memberikan arahan dalam acara sosialisasi pengembangan wisata yang digagas oleh Himpunan Pariwisata Indonesia (HPI) dan Jelajah Sultra.

“Kebersihan itu sangat penting, kita kemarin sempat malu pada orang Korea yang berkunjung. Dia bertanya apa ini sambil menunjuk puntung rokok,” kata Yade saat acara sosialisasi pengembangan wisata yang digelar di Balai Desa Labengki, Sabtu (16/9/2017) malam.

Oleh sebab itu, Riyanto meminta kepada masyarakat Labengki untuk menjaga kebersihan. Tentu saja hal ini dilakukan sebagai salah satu bentuk desa wisata yang akan menarik banyak pengunjung.

Sosialisasi Pengembangan Wisata, Dinas Pariwisata Konut Minta Masyarakat Labengki Peduli Kebersihan

Kegiatan aksi bersih memungut sampah di sepanjang jalan menuju dermaga oleh masyarakat Labengki dan peserta trip Jelajah Sultra di Labengki, Minggu (17/9/2017).

 

Riyanto berpendapat kesiapan pemda dan masyarakat masih minim, padahal pengunjung sudah mulai berdatangan. Dilihat dari jumlah dari hari ke hari jumlah pengunjung Desa Labengki semakin banyak.

Senada dengan Kadis Pariwisata Konut, Ketua Himpunan Pariwisata Indonesia (HPI) Arwan Ganda Saputra juga meminta manyarakat lebih memperhatikan kebersihan, terutama bagi rumahnya yang dijadikan homestay.

Sosialisasi Pengembangan Wisata, Dinas Pariwisata Konut Minta Masyarakat Labengki Peduli Kebersihan“Kalau rumahnya bersih, rapi pasti para pengunjung yang tinggal di homestay kita akan betah,” ujar Ganda saat memberikan sosialisasi kriteria homestay kepada warga Desa Labengki.

Pihaknya jugaa menjelaskan pentingnya sapta pesona yakni aman, indah, tertib, ramah, nyaman, bersih, dan kenangan. Tak hanya itu, Ganda juga akan melakukan pelatihan-pelatihan untuk menjadi guide dan memimpin sebuah perjalanan wisata.

“Tamu itu istimewa atau tamu adalah raja. Karenanya kita harus melayani dengan sebaik mungkin,” pungkasnya.

Acara sosialisasi ini juga diikuti oleh peserta trip wisata Labengki yang dilanjutkan dengan aksi bersih memungut sampah di sepanjang jalan menuju dermaga, diselenggarakan berkat dukungan Dinas Pariwisata Konut dan Provinsi Sulawesi Tenggara, Genpi Sultra, HPI, Jelajah Sultra, The Radio dan Zonasultra.com. (B)

 

Reporter: Rizki Arifiani
Editor: Jumriati

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com