Tampilan Desktop

Stok Raskin Konsel Aman Hingga Akhir Tahun
29 Dibaca

ZONASULTRA.COM, ANDOOLO– Pemerintah Daerah (Pemda)  Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra), meyakini stok beras untuk jatah beras miskin (Raskin) hingga akhir tahun 2015 aman. Sekitar  4.000 ton beras tersebut bakal disalurkan pada bulan ini untuk jatah triwulan terakhir yakni Oktober, November dan Desember.

Kepala bagian (Kabag) Ekonomi Pemda Konsel Hijar Silondae mengatakan, pihaknya telah melakukan pemeriksaan beras tersebut sebelum disalurkan ke masing-masing desa yang ada dikabupaten ini. Secara kualitas menurutnya beras itu sudah cukup baik untuk dikonsumsi.

“Sesuai dengan petunjuk tekhnis yang ada,  sebelum raskin  disalurkan ke masyarakat setiap tiga bulan, kami diundang oleh pihak badan urusan logistik (Bulog) untuk memeriksa kualitas beras dan kuantitas. Secara kualitas itu cukup bagus,” terang Hijar saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (8/9/2015).

Karena jumlah yang disalurkan sangat banyak yakni 4.000 ton, sehingga Hijar mengimbau kalau diantaranya ditemukan ada yang tidak layak konsumsi sebaiknya dikembalikan ke pihak terkait. Dalam hal ini Bulog yang ada di Kendari.

“Karena itu terlalu lama disimpan sehingga memungkinkan ada yang kurang bagus kualitasnya, itu dipersilahkan kepada masyarakat untuk mengembalikan beras tersebut dan itu siap digantikan oleh Bulog,” ujarnya.

Disamping itu lanjutnya, pemerintah pusat juga akan mengucurkan raskin 13 dan 14 yakni raskin tambahan yang akan disalurkan pada November dan Desember 2015 dengan jumlah yang sama seperti pada bulan September 2015 dengan jumlah penerima yang sama pula yakni sebanyak 22.476 kepala keluarga (KK),

Kepada masyarakat yang belum menerima raskin diminta untuk tetap bersabar, sebab data yang ada itu merupakan data dari pihak Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2015.

“Yang jelasnya setiap desa, calon penerima raskin sebenarnya banyak tetapi karena keterbatasan dana dari pemerintah sehingga dibatasi pula penerimaannya,” tutupnya.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com