Tampilan Desktop


Sukses Grasstrack Motorcross, Crossborder Sambas Siapkan Rally Wisata
42 Dibaca

Yuk, Ikut Rally Wisata di Crossborder Aruk, 8-9 Juli 2017

Ilustrasi

 

ZONASULTRA.COM, SAMBAS – Makin moncer saja kegiatan di crossborder area. Setelah sukses menggelar event Grasstrack Motorcross 8-9 Juli 2017, Pemerintah Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat (Kalbar) dan Kementerian Pariwisata kembali punya agenda besar. Itu setelah, di perbatasan yang merupakan bagian dari wisatawan crossborder asal Malaysia itu akan digelar Event Rally Wisata 2017 pada 14-15 Juli 2017, mendatang.

“Ajang rally wisata keluarga ini sebenarnya akan diselenggarakan pada 8-9 Juli lalu, tapi bergeser satu minggu setelah kejuaraan Grasstrack Motorcross ini, ini akan menjadi acara yang juga bisa mendatangkan wisatawan asal Malaysia,” kata Ketua Panitia Penyelenggara Rally Wisata Keluarga 2017, Johannes A Dopung, Senin (10/7).

Acara ini juga merupakan rangkaian akbar Festival Gemilang Wonderful Indonesia yang diselenggarakan di Kalimantan Barat. Rangkaian festival tersebut antara lain pagelaran konser musik yang menghadirkan artis ibukota, band Wali, yang diselenggarakan 2 Juli 2017 yang lalu. Kemudian dilanjutkan dengan Kejurda Seri 1 Grasstrack dan Motorcross International pada 8-9 Juli 2017 dan berakhir dengan Rally Wisata pada 14-15 Juli 2017 mendatang.

Aruk di Desa Sijang, Kecamatan Galing, Kabupaten Sambas memang merupakan satu titik yang dijadikan destinasi crossborder oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu Aruk di Kabupaten Sambas, bakal menjadi lokasi finish rally wisata pekan depan. Pintu masuk wisata dari negara tetangga Malaysia ini dipilih penyelenggara IMI Kalbar-Bhayangkara Rally Wisata Border Aruk karena menjadi salah satu teras negara Indonesia.

(Baca Juga : Yuk, Ikut Rally Wisata di Crossborder Aruk, 8-9 Juli 2017)

“Ya, border Aruk bakal menjadi destinasi wisata di Kalimantan Barat. Peserta rally wisata dari Pontianak akan menuju beranda terdepan Indonesia sebagai lokasi finish yang langsung akan dipimpin Kapolda Kalbar Irjen Pol Erwin Triwanto,” kata pria yang sehari-hari sebagai Sekretaris Komisi V DPRD Provinsi Kalbar ini.

Gawe bareng Ikatan Motor Indonesia Kalbar dengan Bhayangkara dan Dispora Kalbar ini akan diikuti lebih dari 400 kendaraan baik roda dua atau roda empat. Panitia penyelenggara telah menyiapkan hadiah utama 1 unit sepeda motor plus trofi Kapolda Kalbar bagi pemenang.

“Rute rally wisata keluarga ini akan menempuh jarak sekitar 240 km dengan rute mulai dari Pontianak-Singgah di Pantai Kijing, kemudian lanjut ke Teluk Singkawang dan akan berakhir di Keraton Kesultanan Sambas,” ujarnya.

Selain tiga tempat pemberhentian tadi, program rally wisata ini juga akan melakukan pengenalan wisata lainnya dalam rangka mendukung program cross border Wonderful Indonesia dari Kementrian Pariwisata Indonesia. Menteri Pariwisata Arief Yahya mengapresiasi gelaran even crossborder ini.

(Baca Juga : Fremantle-Bali Yacht Race Itu Fun dan Aman)

Dari 15 juta target wisman nasional 2017, Malaysia dipatok 1.3 juta kunjungan. Even cross border sangat efektif untuk menggenjot capaian. Bermula dari festival itulah para turis manca diharapkan berselancar mencicipi destinasi lain di bumi kathulistiwa.

“Kabupaten Sambas khususnya dan Kalbar umumnya memiliki potensi wisata yang menarik, banyak obyek wisata yang bagus, mulai dari keindahan alam, budaya, kuliner dan lainya,” kata Menpar Arief Yahya. (*)

 

 

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free