Tampilan Desktop

Sukseskan Swasembada Pangan, Petani di Koltim Dapat Bantuan Alsintan
131 Dibaca

Sukseskan Swasembada Pangan, Petani di Koltim Dapat Bantuan Alsintan

Dinas Pertanian Kolaka Timur : Tim melalui program yang diberi nama pengadaan bantuan Alat Mesin Tanam (Alsinta) berupaya menyukseskan program ketahanan pangan dan mencapai swasembada pangan di wilayah tersebut.(JASPIN/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, TIRAWUTA – Dinas Pertanian (Distan) Kolaka Timur (Koltim) berupaya menyukseskan program ketahanan pangan dan mencapai swasembada pangan di wilayah tersebut.

Tim terus berupaya mengenjot potensi yang ada dengan menyiapkan ketersediaan sarana dan prasarana penunjang, seperti mesin tanam dan alat penunjang lainnya.

Melalui program yang diberi nama pengadaan bantuan Alat Mesin Tanam (Alsinta). Distan Koltim berharap agar peningkatan produksi di sektor pertanian semakin meningkat.

Kepala Dinas Pertanian Koltim, Salwin melalui Kepala Bidang (Kabid) sarana dan prasarana, Arpa Madaria mengungkapkan, sejak tahun 2015 lalu pihaknya sudah menurunkan bantuan kepada petani sekitar 15 unit mesin traktor roda dua, 17 unit pompa air, yang bersumber dari Anggara Pendapatan Belanja Daerah (APBD), sementara bantuan dari Anggaran Pendapatan belanja Negara (APBN), terhitung ada 41 unit traktor roda dua, 2 unit traktor roda dua, 53 unit pompa air, 6 unit Rice Transplanter.

“dan untuk 2016 ini kami sudah memberikan bantuan sebanyak 6 unit pompa air, 1 unit traktor roda empat, 6 unit Rice Transplanter, dan 28 traktor roda dua yang bersumber dari APBN. dan ini kami serahkan kepada masing-masing kelompok tani di tujuh kecamatan yang ada,” kata Arpa saat membacakan laporannya dihadapan Bupati Koltim dalam kegiatan penyerahan bantuan di halaman kantor Dinas Pertanian. Kamis (17/03/2016)

Selain itu kata dia, untuk tahun ini pihaknya sudah menyiapkan beberapa program yang dinilai sangat prioritas untuk peningkatan produksi hasil panen para petani, seperti percetakan sawah baru, serta peningkatan sarana lain yang memang sangat dibutuhkan masyarakat.

“di tahun 2015 lalu, Kolaka Timur termasuk daerah yang paling banyak mendapatkan suntikan dana dari pusat jika dibandingkan dengan daerah lain yang ada di Sulawesi Tenggara (Sultra),” imbuhnya.

Di tempat yang sama Bupati Kolaka Timur, Tony Herbiansyah berharap bantuan yang sudah diberikan nantinya dapat dipergunakan dengan baik demi mewujudkan visi dan misinya menjadikan Kolaka Timur sebagai daerah agrobisnis di sektor pertanian.

Kata dia, Meskipun bantuan tersebut berasal dari pemerintah, para kelompok tani yang mendapatkan bantuan tersebut dapat menjaga dan merawat bantuan itu selayaknya milik sendiri, sebab bantuan itu akan sangat membantu petani dalam meningkatkan produksi hasil pertanian.

“Pemerintah saat ini sangat peduli dengan para petani, sehingga kita akan terus berbuat semaksimal mungkin untuk meningkatkan produksi hasil pertanian, dan ini juga merupakan janji saya waktu kampanye, namun itu akan dilakukan secara bertahap,” katanya.

Diakhir kegiatan, Bupati yang baru saja menjabat itu langsung menyerahkan bantuan secara simbolis kepada kelompok tani penerima bantuan, dalam kegiatan itu turut pula disaksikan Sekertaris Daerah (Sekda) Koltim, Andi Muhammad Iqbal Tongasa, serta beberapa penjabat lainnya.

 

Penulis : Jaspin
Editor   : Kiki

JN ZonaSultra

View all contributions by JN ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com