Tampilan Desktop



Sulit Cari Kerja, Ratusan Warga Wakatobi Pindah Domisili
337 Dibaca

ZONASULTRA.COM, WANGI-WANGI – Dalam kurun waktu empat bulan terakhir, ada 100an masyarakat Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra) resmi pindah tempat tinggal. Mayoritas dari mereka berpindah domisili di seputar daerah Maluku.

Kepala Dinas (Kadis) Disdukcapil, Abdul Rahim

Abdul Rahim

Kepala Dinas (Kadis) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Wakatobi, Abdul Rahim R, mengatakan, warga Wakatobi yang telah resmi hijrah itu mayoritas bersifat per orangan. Namun, ada juga yang secara kelempok atau keluarga.

Proses permintaan perpindahan penduduk itu, lanjut Abdul Rahim, berjalan sekitar empat bulan lalu, namun puncaknya terjadi dua bulan terakhir.

“Sejak empat bulan terakhir ini sudah 100 orang lebih warga Wakatobi pindah penduduk. Mayoritas menuju daerah Taliabo Maluku Utara. Ada yang pindah penduduk bersifat per orang namun ada juga yang berkelompok atau se keluarga,” ungkap Rahim, ditemui di Wangi-Wangi, Jumat (4/8/2017).

Ratusan warga Wakatobi yang telah resmi pindah tempat bermukim itu beralasan untuk mengubah taraf hidup yang lebih layak.

“Mayoritas warga yang pindah penduduk itu beralasan untuk mencari pekerjaan. Mungkin saja untuk persiapan tes CPNS,” ucapnya.

Abdul Rahim menyarankan kepada warga Wakatobi yang telah pindah penduduk itu, jika suatu saat ingin kembali menjadi warga Wakatobii agar melalui prosedur yang berlaku.

“Urus dokumen resmi sehingga ketika tiba di Wakatobi tidak ada kendala kalau mengurus berbagai kebutuhan yang berkaitan dengan dokumen kependudukan,” pinta Abdul Rahim. (A)

 

Reporter : Duriani
Editor : Kiki

DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free