Sultra Masih Butuh 1.000 Tenaga Bidan

0
Kepala Dinkes Sultra Asrun Tombili
Asrun Tombili

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) hingga saat ini masih kekurangan tenaga bidan. Bahkan kekurangan tersebut mencapai angka 1.000.

Kepala Dinkes Sultra Asrun Tombili
Asrun Tombili

Kepala Dinas Kesehatan Sultra Asrum Tombili mengatakan, idealnya satu desa diisi oleh satu bidan. Tapi jumlah bidan yang ada di Sultra saat ini hanya sekitar 1.000-an lebih. Itu masih sangat kurang jika dibandingkan dengan jumlah desa di Sultra yang mencapai 2.300 desa.

“Untuk menyiasati kekurangan itu selama ini pihak rumah sakit dan puskesmas mengunakan tenaga bidan pegawai tidak tetap (PTT),” kata Asrum di ruang kerjanya, Rabu (25/1/2017).

Untuk menanggulangi kekurangan tersebut, Asrum sangat berharap dengan hasil tes CPNS bidan PTT yang diadakan oleh Kementerian Kesehatan. Pihaknya berharap pada tahun 2017 ini Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) akan mengumumkan hasil tes tersebut.

“Saya sangat butuh 1.000 bidan dari hasil tes itu untuk mengisi desa-desa yang ada di Sultra. Bidan di Sultra sangat kurang, ini terbukti dari 2.300 desa, 50 persennya belum terisi oleh bidan. Nah itu yang kita butuhkan, tetapi lebih banyak lebih bagus,” tuturnya. (B)

 

Reporter : Ramadhan Hafid
Editor : Jumriati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here