Tampilan Desktop



Sungai Meluap Hanyutkan Rumah Warga di Kabaena
746 Dibaca

Sungai Meluap Hanyutkan Rumah Warga di Kabaena

SUNGAI MELUAP – Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra) sejak semalam mengakibatkan Sungai Lakambula yang melintasi Kelurahan Teomokole, Kecamatan Kabaena meluap dan menghanyutkan tiga unit rumah dapur milik warga, Jumat (3/3/2017) dini hari. (Jumrad Raunde/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, RUMBIA – Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra) sejak semalam mengakibatkan Sungai Lakambula yang melintasi Kelurahan Teomokole, Kecamatan Kabaena meluap dan menghanyutkan tiga unit rumah dapur milik warga, Jumat (3/3/2017) dini hari.

Rasman (40), Ketua Karang Taruna Teomokole menuturkan Sungai Lakambula meluap sekitar pukul 04.00 dini hari akibat hujan deras yang berlangsung sejak pukul 23.00 semalam.

“Hujannya tidak berlangsung terus-menerus, tetapi karena derasnya sehingga membuat air meluap,” kata Rasman.

Luapan sungai Lakambula tersebut menghanyutkan tiga buah rumah dapur milik warga di Lingkungan Rarontole, Kelurahan Teomokole. Luapan Sungai juga menggenangi sebagian rumah warga di Kelurahan Rahampuu, Kecamatan Kabaena. Luapannya setinggi pinggang orang dewasa.

“Mereka yang rumahnya hanyut terbawa arus sungai yaitu dapur milik ibu Hamsina, Nasra dan Adnan,” sebut Rasman.

Selain telah menghanyutkan rumah warga, aliran deras Lakambula juga mengancam keberadaan 4 rumah warga lainnya yang terdapat di tepi bantaran sungai.

“Aliran air cukup deras sehingga mengikis perlahan pada bagian yang belum dibuatkan tanggul pengaman. Akibat kikisan itu, aliran air tinggal sejengkal lagi untuk mencapai rumah warga,” urai Rasman.

Saat ini warga tengah mengangkat dan menyelamatkan barang-barang milik warga lainnya guna menghindari ancaman hanyut terbawa arus sungai Lakambula.

Hingga berita ini diturunkan hujan masih berlangsung di Kabaena. “Ini masih sementara hujan, tidak deras tapi membahayakan, sebab berlangsung terus-menerus dan menambah besarnya debit air,” tambahnya lagi.

Tidak ada korban jiwa dan besaran jumlah kerugian atas bencana tersebut juga belum diketahui sebab pemerintah setempat masih menginventarisir rumah warga yang rusak akibat bencana itu. (B)

 

Reporter: Jumrad Raunde
Editor: Jumriati

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free