Tampilan Desktop


Survey Pilgub : Ali Mazi Ungguli Asrun di Kota Kendari
833 Dibaca

Survey Pilgub : Ali Mazi Ungguli Asrun di Kota Kendari

HASIL SURVEI – Data Hasil Survei Barometer Suara Indonesia (BSI) tentang pemilihan gubernur (Pilgub) Sulawesi Tenggara 2018. Survei tersebut dilakukan khusus untuk pemilih di Kota Kendari dari 7 Oktober sampai 10 Oktober 2016 dengan 440 responden. (Foto: BSI for ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI– Berdasarkan hasil survei Barometer Suara Indonesia (BSI) di Kota Kendari, Ali Mazi masih sangat unggul untuk dipilih dalam pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Tenggara (Sultra) 2018 dibanding figur-figur lainnya.

Tingkat keterpilihan (elektabilitas) Ali Mazi mencapai 27,7 persen, disusul Asrun 17,5 persen, La Ode Ida 7,0 persen, Ridwan Bae 5,5 persen, Rusda Mahmud 5,2 persen, Lukman Abunawas 5,0 persen, Hugua 3,4 persen, Imran 0,7 persen, dan Tina Nur Alam 0,7 persen. Sementara yang belum menentukan pilihan 9,3 persen.

Peneliti BSI Ruslan mengatakan survei tersebut dilakukan bersamaan dengan survei pasangan calon walikota yakni dari 7 Oktober sampai 10 Oktober 2016 dengan 440 responden yang tersebar merata di seluruh kecamatan kota Kendari.

Cara wawancara dengan tatap muka langsung menggunakan kuisioner dengan teknik Multistage Random Sampling serta mempunyai nilai toleransi margin of error plus minus 4,8 persen.  Mekanisme survei yang demikian bisa dipastikan semua populasi pemilih di Kota kendari memiliki kesempatan yang sama untuk terpilih sebagai responden (tidak tersegmentasi).

“Ini sebenarnya hanya gambaran pemilih di Kota Kendari saja, buka Sultra secara keseluruhan. Di kabupaten-kabupaten lain bisa saja akan jauh berbeda dengan hasil survei ini. Misalnya Rusda dipastikan unggul di wilayah Kolaka-Kolaka Utara, begitu pula yang lainnya,” ujar Ruslan di salah satu kedai kopi di Kendari, Minggu malam (16/10/2016).

Unggulnya Ali Mazi di Kota Kendari disebabkan oleh banyak hal, termasuk karena pernah menjabat gubernur dan ada hasil kerja nyata yang ditinggalkan seperti tugu MTQ dan bandara Haluoleo. Sedangkan Asrun yang masih menjabat walikota Kendari berada diurutan kedua juga dipengaruhi oleh tingkat kepuasan masyarakat yang masih cukup tinggi terhadap pemerintahannya. (A)

 

Reporter: Muhamad Taslim Dalma
Editor  : Rustam

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com