Tampilan Desktop


Syahbandar Kendari : Puncak Arus Mudik H-5 Hingga H-3 Lebaran
103 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Kantor Syahbandar Kota Kendari, memprediksi lonjakan arus mudik Lebaran tahun 2016 di sejumlah pelabuhan di Ibukota Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) akan berlangsung sekitar H-5 hingga H-3.

zona mudik, zonasultra

Ilustrasi

Kepala Seksi Keselamatan berlayar penjagaan dan patroli kantor Syahbandar Kendari, Rahman Soamole mengatakan, berdasarkan hasil evaluasi  setiap tahun, puncak arus mudik lebaran biasanya berlangsung pada H-5 hingga H-3 menjelang lebaran.

“Untuk puncak arus mudik, diperkirakan akan mencapai puncaknya pada H-5 sampai H-3,” kata Rahman, saat ditemui di pelabuhan Nusantara Kendari, Senin (27/6/2016).

Ia juga mengatakan, untuk hari-hari puasa seperti ini, memang terjadi pelonjakan penumpang. Namun, lonjakan penumpang tidak seramai H-5 hingga H-3 Lebaran.

“Untuk sekarang ini masih biasa-biasa saja, dalam hitungan menjelang lebaran. Memang sudah terjadi pelonjakan, namun tidak sebanyak H-5 hingga H-3 lebaran lah,” kata dia.

Selain itu, Kantor Syahbandar Kendari, telah melakukan berbagai persiapan guna menyambut puncak arus mudik lebaran 2016, yang di perkirakan akan mulai pada H-5 menjelang lebaran.

“Kesiapan kami dalam menyambut  puncak arus mudik lebaran yaitu kami telah menyediakan posko mudik, yang posko induknya itu ada di Pelabuhan Nusantara, dan beberapa posko lagi ada 1 posko di pelabuhan  Fery, dan satu lagi ada dipelabuhan pangkalan perahu,” jelasnya.

Dia mengatakan, tiap-tiap posko tersebut telah memiliki tugas masing-masing, dan untuk pengamanan akan dipantau langsung oleh Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP, Kesatuan Pelaksanaan Penjagaan Pelabuhan (KP3), Maupun Polisi Militer Angkatan Laut (Pomal). (B)

 

Penulis: Sri Rahayu
Editor : Kiki

Tagged with:

View all contributions by

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com