Tampilan Desktop


Tahun Ini Distamben Butur Prioritaskan Wokorut Dialiri Listrik
27 Dibaca

ZONASULTRA.COM, BURANGA – Sudah dua tahun lebih jaringan instalasi listrik terpasang di rumah-rumah warga di Kecamatan Wakorumba Utara (Wakorut), Kabupaten Buton Utara (Butur), Sulawesi Tenggara (Sultra). Namun hingga kini belum juga dialiri listrik oleh PLN.

Masyarakat Wakorut pun menaruh harapan besar kepada pemerintahan yang baru untuk memperjuangkan aliran listrik ini.

Salah satu tokoh masyarakat Wakorut, Imran kepada Zonasultra.com mengatakan bahwa Wakorut seakan belum merdeka. Pasalnya, sejak berpisah puluhan tahun lalu dari Kabupaten Muna, hingga dipimpin oleh dua orang bupati definitif, jazirah utara pulau Buton itu belum juga menikmati aliran listrik dari negara.

 Tahun Ini Distamben Butur Prioritaskan Wokorut Dialiri Listrik

Ilustrasi

“Kita ini belum merdeka, karena Wakorut sampai sekarang belum ada listriknya,” kata Imran, Selasa (22/3/2016).

Pihaknya pun menuntut pemerintah setempat dan juga PLN untuk segera mengalirkan aliran listrik di Wakorut. Dia juga tidak menafikan jika roda perekonomian masyarakat di wilayah itu dipengaruhi oleh aliran listrik.

“Masyarakat Wakorumba menuntut kepedulian pemda dan PLN. Sampai kapan kami menunggu. Selama ini kami hanya manfaatkan aliran listrik tenaga air yang dayanya tidak begitu besar. Mesin genset juga justru sangat menyedot uang untuk pembelian bahan bakar. Jujur saja kalau ada listrik sudah pasti meningkatkan sendi-sendi usaha masyarakat,” ungkapnya.

Kalau pun ada kendala yang dihadapi, lanjut Sekretaris Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Butur ini, seharusnya dinas pertambangan dan energi menyapaikan kepada masyarakat agar bisa diketahui apa kendalanya.

Sementara itu, Kepala Distamben Butur, Armin mengungkapkan bahwa Wakorut bersama dengan sejumlah desa lainnya yang belum dialiri listrik sudah masuk dalam program prioritas yang akan diusahakan untuk diselesaikan tahun ini.

“Program prioritas kami tahun ini adalah berusaha mengkonsultasikan kepada pihak PLN untuk bagian wilayah Wakorut dan desa-desa lain bisa dialiri listrik,” ungkapnya.

Sebagai bentuk kepedulian pemerintah, kata dia, dalam waktu dekat dirinya bersama wakil bupati Ramadio akan menyambangi PLN Area Baubau untuk mengkonsultasikan persoalan itu.

“Tidak hanya di PLN Baubau, kita akan kawal terus sampai Makassar dan di Jakarta. Ini kan merupakan program prioritas pemerintahan yang baru, kita akan usahakan tahun ini. Jadi kepada masyarakat yang tinggal di wilayah yang belum dialiri listrik mohon bersabar saja,” tutur Armin.

 

Penulis : Darmawan
Editor   : Jumriati

JN ZonaSultra

View all contributions by JN ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com