Tampilan Desktop



Tahun Ini, DKP Konut Bangun BBI di Oheo
97 Dibaca

Tahun Ini, DKP Konut Bangun BBI di OheoPENINJAUAN LAHAN – Dinas Prikanan dan Kelautan (DKP) Kabupaten Konut meninjau dan mengukurblahan yang rencana akan dijadikan lokasi pembangunan sarana fasilitas balai benih ikan (BBI) diwilayah Kecamatan Oheo.(Jefri/ZONASULTRA.COM).

 

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU – Dinas Kelautan dan Prikanan (DKP) Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra) menrecanakan pembangunan Balai Benih Ikan dalam tahun ini di Kecamatan Oheo.

Kepala Bidang (Kabid) Budi daya DKP Konut Darwis mengatakan, untuk pembangunan itu, pihaknya telah menyiapkan lahan seluas 3,5 hektar dengan biaya yang bersumber dari APBD Konut tahun 2017.

Balai ini direncanakan akan fokus untuk mengembangkan varietas bibit ikan air tawar seperti, ikan lele, mas, nila dan mujair sesuai dengan topografi dan potensi sumberdaya alam di Konut yang banyak terdapat jenis-jenis ikan tersebut.

Pembangunan balai ini bertujuan untuk menyediakan benih bibit ikan yang berkwalitas, lebih murah dan mudah diperoleh oleh masyarakat. dimana pengelolaannya akan dilakukan oleh pemerintah setempat melalui unit pelaksana teknis dinas (UPTD).

“Tahun ini juga dibangun dan akan selesai ditahun ini juga. Kami sudah meninjau dan mengukur lahan untuk pembangunannya,”Kata Darwis diruang kerjanya, Senin (10/7/2017).

Dirinya menjelaskan, pendirian BBI tersebut baru pertama kali akan dibangun oleh Dinas DPK Konut. Sedangkan untuk memperoleh benih ikan, sejauh ini masyarakat membeli dari BBI skala rumah tangga atau milik pribadi masyarakat petani ikan.

“Selama ini kan diperoleh bibit ikan dari BBI skala rumah tangga yang dikelolah oleh masyarakat. Dengan adanya BBI yang dibangun oleh Pemerintah bisa lebih membantu masyarakat kita. pertahunnya itu dapat menghasilkan panen sampai 6500 ton,” terangnya.

Dia berharap, setelah terbangunnya balai ini akan mempermudah masyarakat setempat dalam memenuhi kebutuhan bibit ikan air tawar yang dikembangkan menjadi peluang bisnis di sektor perikanan. (B)

 

Reporter : Jefri Ipnu
Editor : Abdul Saban

Tagged with:
DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free