Tampilan Desktop



Tahun Ini Pemkab Muna Komitmen Kembangkan Potensi Pariwisata
242 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Pemerintah Kabupaten Muna tahun ini mulai melirik potensi wisata di daerah itu untuk menjadi salah satu sektor yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Bupati Muna LM Rusman Emba

LM Rusman Emba

Bupati Muna LM Rusman Emba mengatakan potensi pariwisata di Muna tidak kalah dengan yang ada di Wakatobi. Jika Wakatobi dikenal sebagai surga bawah laut Sulawesi Tenggara (Sultra), maka Muna sebagai surga daratnya Sultra.

“Selama ini kan orang-orang Indonesia kalau berbicara mengenai pariwisata yang ada di Sultra hanya kenal Wakatobi. Tapi cobalah “Mai Te Wuna” (mari jalan-jalan di Muna). Disana bukan cuma menawarkan bawah laut, tapi kita juga menawarkan budaya dari masyarakatnya yang sangat unik, serta peninggalan sejarah,” kata Rusman di Kendari, Jumat (27/1/2017).

Mantan Ketua DPRD Sultra ini menambahkan, apa yang menjadi dasar pengembangan sebuah wisata semua ada di Muna. Apalagi Muna sekarang berbeda dengan Muna yang dulu. Ini dibuktikan dengan masyarakatnya yang begitu ramah, persuasif dan komunikatif.

“Jadi anggapan bahwa orang Muna itu kerjanya hanya berkelahi, itu dulu sekarang sudah berbeda. Silakan datang di Muna, rasakan sensasinya, rasakan sugestinya. Kita memiliki kelebihan-kelebihan, dan keunikan jika dibanding daerah lain,” ungkapnya.

Pemkab Muna juga sudah menetapkan beberapa zona kawasan unggulan di Muna seperti Liangkabori, Pulau Lima, Pulau Tobea, Danau Ubur-Ubur, Pulau Napabale, Pantai Meleura, dan Gua Lamburaya.

“Pariwisata akan menjadi sektor perhatian kami untuk meningkatkan pendapatan. Tidak hanya potensi alam, tapi nilai budaya itu semua dihidupkan termaksud kuliner khas daerah,” jelasnya.

Hanya saja, kata Rusman, pengembangan potensi pariwisata di Muna masih terkendala dengan sarana dan prasarana, khususnya jalan, serta sarana-sarana lain seperti hotel. Untuk menanggulangi itu, Pemkab Muna senantiasa melakukan koordinasi dan komunikasi dengan seluruh pihak, baik dari provinsi maupun Kementerian Pariwisata, serta investor-investor lainnya yang punya keinginan untuk mengembangkan pariwisata.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Muna Mukmin Aini sangat mendukung dengan kebijakan Bupati Muna dalam menggerakkan potensi pariwisata. Sebab Muna memiliki potensi pariwisata yang sangat besar, hanya saja selama ini pemerintah daerah tidak ada perhatian.

“Muna sekarang dipimpin oleh bupati baru. Ini adalah era baru bagi Muna. Jadi apapun yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, kita DPRD sangat mendukung program tersebut,” kata Mukmin. (A)

 

Reporter : Ramadhan Hafid
Editor : Jumriati

Tagged with:
DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free