Tampilan Desktop



Tahun Ini Warga Transmigrasi di Sultra Menurun
237 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Warga transmigran yang akan dikirim di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) tahun ini mengalami penurunan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Sultra Saemu Alwi mengatakan, tahun ini ada 150 kepala keluarga (KK) warga transmigran yang akan masuk di Sultra. Mereka berasal dari D.I Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Jawa Timur.

 Tahun Ini Warga Transmigrasi di Sultra Menurun

Saemu Alwi

“Namun kita juga masih tetap menunggu kepastian dari daerah pengirim tadi,” ungkap mantan Asisten III Setda Sultra ini saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (17/1/2017).

Untuk daerah penempatan transmigran, lanjut Saemu hanya di tiga kabupaten, yaitu di Routa, Kabupaten Konawe sebanyak 50 KK, di Tiworo Kabupaten Muna Barat (Mubar) sebanyak 50 KK dan Kabupaten Kolaka Timur (Koltim).

Menurut Saemu, secara nasional jumlah warga transmigrasi mengalami penurunan. Ini yang menyebabkan jatah Sultra juga menurun. Meski begitu, jatah Sultra tahun ini tergolong cukup tinggi karena secara nasional pemerintah pusat hanya memprogramkan kurang lebih 1.270 KK.

Saemu juga menegaskan pihaknya akan kembali meninjau bagaimana kesiapan lokasi untuk penempatan 150 KK tersebut, meskipun pada pertemuan di Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi beberapa waktu lalu masing-masing tiga pemda yang dimaksud sudah menyatakan kesiapannya.

“Minggu kemarin saya sudah ke Mubar saya lihat lokasi sudah siap, minggu depan saya ke Konawe terus ke Koltim,” ujarnya.

Untuk diketahui, saat ini jumlah keseluruhan warga transmigran di Sultra sebanyak 513 KK, jumlah tersebut 270 KK adalah transmigran penduduk setempat (TPS) dan 242 KK dari transmigran penduduk asal (TPA).

Ada tujuh kabupaten lokasi permukiman transmigrasi, Konawe Utara (Konut) 75 KK terdiri dari 38 KK TPS dan 37 KK TPA, Konawe 75 KK terdiri dari 45 KK TPS dan 30 KK TPA dan Kolaka sebanyak 50 KK terdiri dari 25 KK TPS dan 25 KK TPA.

Selanjutnya Kebupaten Kolaka Timur (Koltim) sebanyak 74 KK terdiri dari 47 KK TPS dan 27 KK TPA, Muna sebanyak 50 KK terdiri dari 25 KK TPS dan 25 KK TPA, Buton sebanyak 70 KK terdiri dari 30 KK TPS dan 40 KK TPA dan Konawe Selatan (Konsel) sebanyak 118 KK terdiri dari 60 KK TPS dan 58 KK TPA. (B)

 

Reporter : Ilham Surahmin
Editor : Jumriati

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com