Tampilan Desktop


Tak Ikuti Ujian Ini, Mahasiswa Kedokteran UHO Belum Bisa Wisuda
189 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Tahun ini Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai memberlakukan ujian kompetensi mahasiswa program profesi dokter (UKMPPD) secara online. Ujian ini menjadi salah satu syarat mutlak bagi setiap mahasiswa untuk bisa disumpah menjadi dokter sekaligus diwisuda.

Wakil Dekan Bidang Akademik FK UHO, dr. Zamrud mengatakan, mahasiswa kedokteran tidak bisa disumpah atau diwisuda sebelum mengikuti ujian ini dan dinyatakan lulus, baik ujian CBT (computer based test) maupun ujian keterampilan klinik alias OSCE (Objective Structure Clinical Examination)

“Dulu kita namanya masih ujian kompetensi dokter Indonesia (UKDI). Ujian kompetensinya ini diikuti nanti setelah selesai kuliah, tapi sekarang sudah tidak begitu. Mau disumpah jadi dokter ataupun diwisuda harus ikuti uji kompetensi ini dulu,” kata Zamrud ditemui di Fakultas Kedokteran, Jumat (31/7/2015).

Yang membanggakan, lanjutnya, meski baru pertama kali menyelenggarakan ujian keterampilan online, namun pihaknya sudah melaksanakan sendiri ujian tersebut dengan sarana dan prasarana yang telah terakreditasi dan berstandar nasional.

Pada 30 Mei lalu, sebanyak 23 mahasiswa FK UHO mengikuti UKMPPD. Dari jumlah tersebut, yang dinyatakan lulus baik CBT maupun OSCE hanyalah 8 orang. 8 orang ini yang berhak untuk disumpah dan diwisuda sekaligus dianggap sebagai lulusan perdana yang ditelorkan oleh FK UHO.

 

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com